Penerapan Pelayanan Perijinan Terpadu Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Main Author: PutriKristiMirmaningrum
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/115154/
Daftar Isi:
  • Potret buram pelayanan perijinan usaha yang selama ini terkesan berbelitbelit, prosedur yang panjang, waktu penyelesaian yang lama, ketidakjelasan biaya, dan banyaknya praktek pungutan liar serta masih banyaknya jasa illegal dalam pengurusan ijin. Kondisi ini akan menimbulkan pandangan ketidakpercayaan publik akan penyelenggaraan sektor publik khusunya dalam hal pelayanan perijinan usaha yang mempunyai orientasi terhadap iklim investasi daerah. Salah satu upaya strategis dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam bidang perijinan usaha adalah dengan pola penyelenggaraan terpadu satu pintu. Pola penyelenggaraan ini bermaksud untuk mencapai efektifitas dan efisiensi pelayanan publik dengan menyederhanakan dan mengintegrasikan pelayanan perijinan pada satu tempat yang terpusat. Pelayanan terpadu satu pintu adalah sistem pelayanan perijinan dan non perijinan yang proses pelaksanaanya mulai dari menyerahkan berkas permohonan hingga mengambil Surat Keputusan hanya melalui satu tempat, dan masyarakat hanya bertemu dengan petugas front line yakni customer service . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan yang menjadi fokus penelitian adalah penerapan pelayanan perijinan terpadu melalui prosedur dan mekanisme pelayanan, indikator kualitas pelayanan perijinan terpadu dengan kualifikasi standar pelayanan publik dan indeks kepuasan masyarakat. Lokasi penelitian ini Kabupaten Sidoarjo, sedangkan situsnya adalah Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo dan masyarakat penggunan jasa pelayanan perijinan.