An Analysis of Reading Questions in English Textbook Based on the Revised Bloom’s Taxonomy

Main Author: Oktavia, Luluk Kholidatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/1150/1/LULUK%20KHOLIDATUL%20OKTAVIA.pdf
http://repository.ub.ac.id/1150/
Daftar Isi:
  • Buku teks merupakan hal yang penting dalam proses belajar mengajar. penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pertanyaan post-reading dalam sebuah buku teks Bahasa Inggris berjudul “Bahasa Inggris” yang disediakan oleh pemerintah untuk siswa kelas XI SMA. Pertanyaan post-reading yang dianalisa adalah semua pertanyaan yang terdapat setelah teks monolog dalam buku teks tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif karena penelitian ini akan memaparkan secara kualitatif perwujudan pertanyaan dalam post-reading. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 lembar identifikasi yang dibuat dalam bentuk tabel sebagai instrument penelitian. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dikategorikan dalam unit atau bab, halaman, kegiatan, tipe teks monolog, judul, dan nomor pertanyaan. Selanjutnya pertayaan akan dianalisa berdasakarkan bentuk pertanyaan dan kategori proses kognitiv. Setelah seluruh tahapan dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 7 bentuk pertanyaan dalam buku teks tersebut, yaitu: yes/no question, alternative question, WH-question, writing short text/journal, identification, drawing picture, mention things, and describing. Bentuk pertanyaan tersebut didominasi oleh WH- question dengan jumlah pertanyaan sebanyak 30 pertanyaan (55,56%). Kemudian, 5 dari 6 kategori utama dan 17 dari 19 sub-kategori mempunyai presentase yang bervariasi. Kategori dan presentase tersebut antara lain: Remembering (5,55%): recognizing, recalling; Understanding (29,62%) : exemplifying, classifying, inferring, comparing, explaining; Analyzing (18,52%): differentiating, organizing, attributing; Evaluating (27,79%): checking, critiquing; and Creating (18,52%): generating, planning, producing. Berdasarkan kalkulasi prosentase, disimpulkan bahwa pertanyaan post-reading dalam buku teks yang dianalisa berada pada lefel pemikiran yang tinggi (Creating, Evaluating, and Analyzing) dengan prosentase 64,83% dan pertanyaan yang memiliki lefel pemikiran yang rendah mempunyai porsi 35,17% (Applying, Understanding, Remembering).