Analisis Penerapan Strategi Green Marketing Sebagai Upaya Mencapai Keunggulan Kompetitif (Studi Kasus Pada Ijen Nirwana Residence, Malang)

Main Author: Pratiwi, Trias
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/114898/
Daftar Isi:
  • Permasalahan terhadap lingkungan hidup telah memberi pengaruh untuk menjadikan bisnis lebih ramah lingkungan. Dari hal tersebut memunculkan paradigma baru pemasaran yakni green marketing . Penerapan green marketing menjadi bahasan yang cukup esensial karena mempengaruhi peta persaingan bisnis baik saat ini maupun kedepan. Diantara banyaknya bidang usaha yang mengusung konsep green marketing , salah satu yang menarik adalah bidang properti. Dimana permintaan akan perumahan semakin bergerak naik sementara berbagai regulasi dan beserta konsensus dibuat untuk mewujudkan pembangunan properti yang memperhatikan keberlanjutan lingkungan. Di indonesia sendiri terdapat beberapa perumahan yang menyebutkan dirinya menerapkan green marketing . Salah satunya adalah Ijen Nirwana Residence , Malang. Berdasarkan penerapan konsep tersebut perumahan ini telah berhasil mendapatkan penghargaan berkaitan dengan lingkungan pada tahun 2009 dan 2010. Penelitian yang dilakukan pada Ijen Nirwana Residence bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan green marketing yang diterapkan. Kemudian dikaitkan dengan berbagai tipe penerapan yang telah ada sebelumnya yakni berdasarkan tipe pada green marketing grid serta green marketing matrix . Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis jenis keungggulan kompetitif berdasarkan upaya ramah lingkungan yang didapat melalui penerapan stategi green marketing. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus deskriptif dan pendekatan yang dilakukan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Ijen Nirwana Residence memiliki kecenderungan pada comercial outcome dengan berfokus pada pengkomunikasian komitmen lingkungan yang dijalankan dengan menunujukkan secara spesifik tindakan yang berkaitan dengan lingkungan. Dengan demikian Ijen Nirwana Residence berada pada tipe A1 : set an example dengan pendekatan pointing . Sementara itu berdasarkan green marketing matrix , Ijen Nirwana Residence menempati posisi lean green. Hal ini dikarenakan segmen green market yang dihadapi berada pada posisi low dan diferensiasi yang dilakukan berada pada posisi low .