Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan pembelian (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Malang Angkatan tahun 2007/2008 Pemilik Hand

Main Author: Megantara, ElrandyAditya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/114807/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Atribut Produk ( kualitas, merek, desain, dan jaminan ) terhadap Keputusan Pembelian. Data yang dianalisa berasal dari 138 responden pada mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi. Alat analisis data dengan regresi linear berganda. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Accidental Sampling sedangkan penentuan banyaknya sampel dalam populasi ditentukan dengan menggunakan Machin. Metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah uji validitas dan uji reabilitas, analisa regresi linier berganda, uji F dan uji t. Hasil dari regresi menunjukkan bahwa secara simultan Atribut Produk signifikan mempengaruhi Keputusan Pembelian , dengan nilai F sebesar 56,687 (signifikan F= 0,000). F hitung > F tabel (56,687 > 2,42), artinya bahwa secara bersama-sama variabel kualitas (X 1 ), merek (X 2 ), desain (X 3 ), dan jaminan (X 4 ) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Dari nilai Adjusted R Square menunujukkan nilai sebesar 0,630 atau 63%. Artinya bahwa variabel Keputusan Pembelian (Y) dipengaruhi sebesar 63% oleh kualitas (X 1 ), merek (X 2 ), desain (X 3 ), dan jaminan (X 4 ) sedangkan sisanya sebesar 27% dijelaskan oleh variabel lain di luar 4 variabel bebas yang diteliti. Secara parsial Kualitas signifikan mempengaruhi Keputusan Pembelian sebesar 0,156. Merek signifikan mempengaruhi Keputusan Pembelian , sebesar 0,151. Desain signifikan mempengaruhi Keputusan Pembelian, sebesar 0,177. Jaminan signifikan mempengaruhi Keputusan Pembelian, sebesar 0,104. Kualitas, merek, desain dan jaminan mempunyai hubungan positif atau searah dengan Keputusan Pembelian . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kajian tentang Atribut Produk terhadap keputusan Pembelian sesuai dengan dasar-dasar teoritis dan hasil yang dicapai diharapkan dapat menjadi perhatian Perusahaan Nokia untuk mempertahankan dan terus meningkatkan mutu , terutama Desain , karena variabel ini paling dominan mempengaruhi Keputusan pembelian .