Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Makanan Sehat Menggunakan Kinect
Main Author: | Firmansyah, Iqbal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/11479/ |
Daftar Isi:
- Makanan sehat adalah makanan yang higienis serta mengandung zat gizi seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh. Pada tahun 2013 tingkat gizi buruk secara nasional pada anak umur 5-12 tahun masih tergolong tinggi yaitu prevalensi kurus 11,2 persen, prevalensi pendek 30,7 persen, dan prevalensi gemuk 18,8 persen. Perlunya pengenalan makanan sehat sebagai Iangkah untuk mengurangi tingkat gizi buruk. Metode pengenalan dilakukan dengan pembelajaran melalui game edukasi sehingga proses pembelajaran Iebih menyenangkan dan mendapatkan hasil yang Iebih efektif. Game yang akan dibuat berjudul "Makanan Sehat" yang akan mengenalkan anak-anak tentang dasar makanan sehat sesuai panduan "Pedoman Gizi Seimbang (PGS)" dengan metode pembelajaran berbasis kinect pada platform PC (Personal Computer). Pengujian game dilakukan kepada 10 orang anak rentang umur 5-12 tahun dengan dua cars yaitu fun testing dan focus testing. Fun testing untuk menguji tingkat kesenangan dalam bermain game, yang didapatkan hasil berupa 10 responden setuju penggunaan kinect berdampak pada kesenangan bermain game. Sedangkan focus testing untuk menguji dampak game ini terhadap pengetahuan mengenai makanan sehat, pengujian dilakukan dengan dua kali percobaan bermain dan nilai yang didapatkan pada percobaan pertama dan kedua akan dibandingkan. Dari hasil focus testing yang dilakukan, maka didapatkan hasil positif berupa kenaikan nilai dari percobaan pertama dengan percobaan kedua.