Pengaruh Iklan terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2007/2008 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang Membeli Air Minum Mineral

Main Author: Suparmanto, AjengSiska
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/114787/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Pesan Iklan yang terdiri dari Isi Pesan (X 1 ), Struktur Pesan (X 2 ), Format Pesan (X 3 ) dan Sumber Pesan (X 4 ) secara simultan dan parsial terhadap Keputusan Pembelian Aqua (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research . Sampel dalam penelitian ini sebanyak 66 orang yang merupakan mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2007/2008 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang Membeli Aqua karena Iklan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda dan analisis regresi parsial. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Simple Random Sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Isi Pesan (X 1 ), Struktur Pesan (X 2 ), Format Pesan (X 3 ) dan Sumber Pesan (X 4 ) secara bersama-sama atau simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian Aqua (Y) dengan nilai F hitung sebesar 22,309 dengan signifikansi 0,000 ( < α 0,05) dan nilai Adjusted R Square yaitu sebesar 0,567. Hal ini berarti bahwa kemampuan variabel-variabel Pesan Iklan secara simultan memberikan kontribusi terhadap Keputusan Pembelian adalah sebesar 56,7 % sedangkan sisanya sebesar 43,3 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa variabel Isi Pesan (X 1 ) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian Aqua (Y) yang ditunjukkan dengan koefisien regresi b terbesar yaitu 0,333 dengan nilai t hitung 3,480 dan signifikansi 0,001 ( < α 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1). Pesan Iklan yang terdiri dari Isi Pesan (X 1 ), Struktur Pesan (X 2 ), Format Pesan (X 3 ) dan Sumber Pesan (X 4 ) berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian Aqua (Y). 2). Variabel Isi Pesan (X 1 ) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian Aqua (Y). Oleh karena itu, disarankan kepada produsen Aqua agar mempertahankan bahkan meningkatkan Isi Pesan dalam iklan. Isi Pesan memiliki daya tarik yang dapat memotivasi pembelian.