Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Survai pada Pengguna Sepeda Motor Yamaha Mio yang Melakukan Service di Dealer Cahya Yamaha Tulungagung.
Main Author: | Wicaksono, ArifSuryo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/114750/ |
Daftar Isi:
- Industri sepeda motor di Indonesia saat ini menunjukkan suatu fenomena yang menarik, di tengah tekanan adanya isu pencabutan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh pemerintah, para produsen sepeda motor yang tergabung dalam Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) tetap optimis dapat mampu meningkatkan penjualan dari tahun ke-tahun. Penjualan motor di seluruh Indonesia terus mengalami kenaikan khususnya sepeda motor jenis automatic yang mendominasi penjualan sepeda motor. Ketatnya persaingan pada jenis kendaraan automatic membuat para perusahaan berinovasi terhadap atribut-atribut yang melekat pada produknya agar menarik minat konsumen untuk membelinya. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel Atribut Produk yang terdiri dari (Harga, Mutu, Merek, Desain, dan Pelayanan) baik secara simultan maupun secara parsial terhadap Proses Keputusan Pembelian, serta mengetahui variabel mana (Harga, Mutu, Merek, Desain, dan Pelayanan) yang berpengaruh dominan terhadap Proses Keputusan Pembelian. Jenis penelitian ini adalah explanatory research . Sampel berjumlah 75 orang pengguna sepeda motor Yamaha Mio yang melakukan service pada dealer Cahya Yamaha Tulungagung. Metode pengumpulan data kuisioner. Analisis data yang digunakan analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis simultan dan uji hipotesis parsial. Hasil teknik analisis regresi linier berganda, dapat diketahui bahwa kelima variabel bebas yang meliputi Harga (X 1 ), Mutu (X 2 ), Merek (X 3 ), Desain (X 4 ), dan Pelayanan (X 5 ) berpengaruh secara signifikan terhadap Proses Keputusan Pembelian (Y). Hal ini ditunjukkan dengan F hitung sebesar 462,896 dengan probabilitas F hitung sebesar 0,000 (p<0,05) sehingga H 0 ditolak. Besarnya kontribusi dari kelima variabel bebas tersebut secara bersama-sama terhadap Proses Keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Mio adalah sebesar 96,9% sedangkan sisanya sebesar 3,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pada penelitian ini diketahui bahwa secara parsial kelima variabel bebas yang meliputi Harga (X 1 ), Mutu (X 2 ), Merek (X 3 ), Desain (X 4 ), dan Pelayanan (X 5 ) berpengaruh secara signifikan terhadap Proses Keputusan Pembelian (Y). Hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas tiap-tiap variabel bebas yang mempunyai nilai t hitung di bawah 0,05 ( α 5%). Variabel Harga (X 1 ) berpengaruh sebesar 0,089 terhadap Proses Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai t hitung 2,442 dan probabilitas sebesar 0,017 (0,017<0,05), variabel Mutu (X 2 ) berpengaruh sebesar 0,324 terhadap Proses