Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian ( Survei pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2007/2008, 2008/2009 dan 2009/2010 Pembeli Universal Serial Bus (USB) Flash Modem, Fak
Main Author: | Yudita, AllenNimas |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/114715/ |
Daftar Isi:
- Permintaan konsumen pada USB Flash Modem kian meningkat seiring perkembangan teknologi dan kemajuan jaman sehingga membuat para produsen semakin intens meluncurkan produk USB Flash Modem mereka dengan harga, merek, mutu, desain, dan garansi masing-masing yang menarik dan secara beruntun mempromosikan kelebihan masing-masing produknya untuk menarik minat konsumen dan mendapatkan pangsa pasar yang luas. Semakin ketatnya persaingan menuntut perusahaan untuk tidak hanya tanggap pada peluang-peluang yang menguntungkan saja tetapi juga harus mengetahui dan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan pasar dan konsumen. Salah satu strategi pemasaran yang bisa dimaksimalkan dalam menghadapi konsumen adalah strategi produk, yaitu atribut produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan besarnya pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian baik secara simultan maupun parsial serta untuk mengetahu variabel pada Atribut Produk yang berpengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan rumus Machin. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 116 orang responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, regresi linier berganda dan regresi parsial dengan bantuan software SPSS version 13 for Windows sebagai software pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serentak (simultan) variabel bebas dalam konsep Atribut Produk yang meliputi Harga, Merek, Mutu, Desain dan Garansi mempunyai hubungan yang signifikan terhadap variabel terikat Proses Keputusan Pembelian, yang ditunjukkan dengan nilai F hitung 35,644 dan nilai probabilitas sebsar 0,000. Hal ini berarti Atribut Produk berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Merek menjadi variabel Atribut Produk yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini : pihak perusahaan sebaiknya memperhatikan atribut produk untuk meningkatkan penjualan USB Flash Modem . Perusahaan lebih memperkuat citra merek agar dapat menarik konsumen. Dengan aadanya penelitian ini perlu dikaji lebih lanjut mengenai Atribut Produk yang sesuai dengan harapan konsumen karena kebutuhan dan selesra konsumen akan selalu berubah mengikuti perkembangan yang ada. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan penelitian ini dapat dijadkan bahan acuan dan perbandingan dalam melakukan penelitian serupa di masa mendatang.