Kinerja Pelayanan Publik Kepolisian Republik Indonesia Dalam Pembinaan Masyarakat (Bimmas) ( Studi Pada Polres Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro)
Main Author: | MuhammadAkfinZaka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/114681/1/051000431.pdf http://repository.ub.ac.id/114681/ |
Daftar Isi:
- Seiring berkembangnya zaman, fungsi dan kedudukan POLRI sebagai badan penegak hukum di Indonesia sangatlah menentukan berjalan atau tidaknya suatu pembangunan, karena apabila terdapat kepincangan didalam tubuh badan penegak hukum, maka akan rusak keseluruhan tatanan suatu negara. Adapun fungsi dari POLRI sebagai pelindung, pengaman serta pengayom masyarakat dalam rangka menyelengarakan kemanan dan ketertiban hukum dan HAM serta bersama dengan komponen bangsa lainnya mewujudkan tegaknya demokrasi, terciptanya kehidupan masyarakat, bangsa dan negara yang aman, damai serta sejahtera. Oleh karena itu diperlukannya POLRI yang mampu menjalankan tugasnya secara profesional, mampu memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat. Terdapatnya Bina Mitra pada tingkat Polres disini sebagai media masyarakat untuk berkonsultasi mengenai penegakan hukum, masyarakat tidak hanya dipandang sebagai pemerima layanan kepolisian pasif, tetapi sebagai mitra aktif dalam proses pengambilan keputusan. Kemitraan ini ftftmenyediakan alat untuk memprioritaskan alokasi sumberdaya, dan penanganan masalah kejahatan. Tujuan akhir dari Bina Mitra adalah untuk menciptakan dan memelihara kemitraan kerja sama masyarakat dan Polisi. Bina Mira adalah segala kegiatan terencana yang berkesinambungan dalam rangka membina, mendorong, mengarahkan dan menggerakkan masyarakat agar menjadi paham dan taat kepada peraturan perundang-undangan dan norma-norma sosial lainnya serta berperan aktif dalam menciptakan dan meningkatkan ketertiban dan keamanan swakarsa, dengan pola kemitraaan Polisi dan masyarakat karena setiap masyarakat memiliki Hak Asasi yang seharusnya dilindungi oleh badan penegak hukum yaitu Polisi, Hak Asasi Manusia banyak memiliki definisi, setiap orang memiliki pendapat yang berbeda mengenai pentingnya masingmasing hak tersebut. Namun, secara umum hak asasi manusia didefinisikan sebagai “prinsip tentang kesamaan dan keadilan yang diterima secara umum” atau “hak-hak moral yang setara dimiliki semua orang sebagai manusia”. Berdasarkan uraian diatas tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kinerja pegawai Polres Bojonegoro bagian Bina Mitra/Bimmas dalam memberikan pelayanan publik, serta mendeskripsikan dan menganalisis faktorfaktor yang mendukung dan yang menghambat kinerja pegawai Polres Bojonegoro bagian Bina Mitra/Bimmas dalam memberikan pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, dan melakukan observasi serta mencari dokumen-dokumen yang terkait. Fokus dari penelitian ini antara lain A) Kinerja pelayanan publik Kepolisian Republik Indonesia pada Polres Bojonegoro bagian Bina Mitra/Bimmas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat ditinjau dari: 1) Aspek kulifikasi kinerja dalam suatu organisasi. 2) Pelaksanaan Kegiatan atau Kespon Bina Mitra/Bimmas Polres Bojonegoro dalam Memberikan Pemecahan Masalah/konflk yang Terjadi Terhadap Masyarakat Bojonegoro B). Faktor-faktor yang Mendukung dan yang Menghambat Kinerja Pegawai Polres Bojonegoro Bagian Bina Mitra/Bimmas dalam Memberikan Pelayanan Publik dilihat dari segi : 1).Faktor-faktor Internal a).Faktor Penghambat b). Faktor Pendukung 2). Faktor Eksternal a). Faktor Pendukung b). Faktor Penghambat.