Pengaruh Bauran Pemasaran Eceran (Retail Marketing Mix) terhadap Keputusan Pembelian (Survai pada Konsumen Sardo Swalayan Kota Malang)

Main Author: Fitria, Fifi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/114627/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untul menjelaskan pengaruh secara bersama-sama dan parsial antara Bauran Pemasaran Eceran ( Retail Marketing Mix ) terhadap Keputusan Pembelian pada Sardo Swalayan. Penelitian ini menggunakan metode explanatory reseach dengan pendekatan kuantitatif, karena dilatar belakangi oleh tujuan awal penelitian yaitu menjelaskan mengenai pengaruh variabel-variabel yang hendak diteliti dan kemudian menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Adapun variabel dalam penelitian ini adalah variabel Lokasi (X 1 ), variabel Produk (X 2 ), variabel Harga (X 3 ), variabel Promosi (X 4 ), variabel Atmosfer Toko (X 5 ), dan variabel Pelayanan (X 6 ) sebagai variabel yang mempengaruhi dan variabel Sruktur Keputusan Pembelian (Y) sebagai variabel yang dipengaruhi. Metode pengumpulan data yang digunkan adalah wawancara dan menyebarkan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan uji F dan analisis parsial dengan uji t untuk mengetahui pengaruh baik secara bersama-sama maupun parsi al antara variabel yang diteliti. Hasil yang didapat adalah nilai F hitung yaitu sebesar 47,024 dan F tabel sebesar 2,23 (F hitung > F tabel ), yang berarti bahwa secara bersama-sama variabel Lokasi (X 1 ), variabel Produk (X 2 ), variabel Harga (X 3 ), variabel Promosi (X 4 ), variabel Atmosfer Toko (X 5 ), variabel Pelayanan (X 6 ) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Nilai Adjusted R Square yang menunjukan nilai sebesar 0,800 atau 80% yang artinya keenam variabel yaitu variabel Lokasi (X 1 ), variabel Produk (X 2 ), variabel Harga (X 3 ), variabel Promosi (X 4 ), variabel Atmosfer Toko (X 5 ), variabel Pelayanan (X 6 ) memberikan kontribusi sebesar 80% terhadap variabel Struktur Keputusan Pembelian dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang diteliti. Nilai R yaitu sebesar 0,904 menunjukan bahwa variabel Lokasi (X 1 ), variabel Produk (X 2 ), variabel Harga (X 3 ), variabel Promosi (X 4 ), variabel Atmosfer Toko (X 5 ), variabel Pelayanan (X