Pengaruh Kemudahan, Kemanfaatan, Nilai Hiburan dan Daya Tarik Penyajian Terhadap Penggunaan Internet Studi Pada Mahasiswa Pengguna Akses Internet Di Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya Malang

Main Author: TaufikKurniawan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/114547/1/051003339.pdf
http://repository.ub.ac.id/114547/
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi informasi contohnya internet, telah berdampak pada perkembangan banyak bidang termasuk diantaranya adalah bidang pendidikan dengan digunakan sebagai media belajar yang di kenal dengan e-learning. Penggunaan teknologi baru memerlukan penerimaan dari penggunanya, hal ini berkaitan dengan ivestasi yang akan di keluarkan. Dalam bidang manajemen system informasi digunakan teori TAM untuk mendiskripsikan penerimaan individu terhadap teknologi informasi. Berdasarkan teori ini diduga bahwa kemudahan, kemanfaatan, nilai hiburan, dan daya tarik penyajian berpengaruh terhadap penggunaan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan (X1), kemanfaatan (X2), nilai hiburan (X3) dan daya tarik penyajian (X4) terhadap penggunaan internet (Y) baik secara parsial maupun simultan . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksplanatori dan pendekatan survey. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif perpustakaan pusat universitas brawijaya. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden. Metode pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang di gunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi. Pengujian ini dilakukan dengan tingkat kepercayaan 95% atau signifikan 0.05 (α = 0.05). Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa variabel kemudahan (X1), kemanfaatan (X2), nilai hiburan (X3) dan daya tarik penyajian (X4) berpengaruh secara simultan terhadap variabel penggunaan internet (Y), hal ini terbukti dari nilai signifikansi F = 0,000 < α=0,05. Sedangkan variabel kemanfaatan (X2) dan daya tarik penyajian terbukti tidak berpengaruh secara parsial terhadap penggunaan internet (Y) dan variabel yang memiliki pengaruh dominan adalah variabel kemudahan (X1).