Evaluasi Sistem Akuntansi Penggajian dan Pengupahan Dalam Upaya Mendukung Pengendalian Intern Perusahaan
Main Author: | MariaZeferinaLilieInge |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/114499/1/051002866.pdf http://repository.ub.ac.id/114499/ |
Daftar Isi:
- PT. TELKOM adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa telekomunikasi untuk umum dalam negeri. Pada awalnya bernama "POST EN TELEGRAAFDIENST” yang didirikan pada tahun 1884 dengan staatsblad no. 52, kemudian pada tahun 1906 dirubah manjadi “POST TELEGRAAFEN TELEFOONDIENST” (PTT) dengan staatsblad no. 395 dan semenjak itu disebut PTT-Dients. Selanjutnya, pada tahun 1960 pemerintah mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti Undang-undang no. 19tahun 1960, tentang persyaratan sebuah perusahaan Negara (PN) dengan PERPU no. 240 tahun 1961 berubah menjadi PN POS dan TELEKOMUNIKASI. TELKOM menyediakan beragam layanan telekomunikasi lainnya termasuk layanan interkoneksi, jaringan, data dan internet serta layanan terkait lainnya. Perusahaan bertujuan untuk mengoperasikan jaringan telekomunikasi dan menyediakan layanan telekomunikasi dan informasi. Karyawan yang ada pada PT. Telekomunikasi Kandatel Malang adalah karyawan tetap, sehingga hanya terjadi proses penggajian saja. Sedangkan untuk karyawan yang bekerja dengan sistem kontrak (customer servive, security,office boy), PT. Telekomunikasi Kandatel Malang bekerja sam dengan pihak outsourching. Sistem penggajian diterima setiap satu bulan sekali pada akhir bulan dan dikirim / ditransfer ke bank yang telah ditunjuk oleh perusahaan sesuai nomor rekening masing-masing karyawan. Dalam hal ini, penulis akan membahas mengenai evaluasi penggajian dan pengupahan dalam mendukung pengendalian intern di PT. Telekomunikasi kandatel Malang. Setiap perusahaan pastilah memiliki karyawan sebagai salah satu faktor produksinya. Jika dalam penggajian karyawan tidak terorganisir dalam suatu sitem yanf baik, maka dapat menyebabkan adanya penyelewengan yang dilakukan oleh karyawan sehingga dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan maupun bagi karyawan. Penelitian ini dilakukan di PT. Telekomunikasi Kandatel Malang bagaimanakah pelaksanaan sistem penggajian dan pengupahan pada perusahaan dan apakah sistem penggajian dan pengupahan pada karyawan sudah efektif dalam upaya mendukung pengendalian intern perusahaan. Fokus penelitian dalam bab IV dan V adalah terbatas hanya pada sistem penggajian saja karena status karyawan adalah karyawan tetap, sehingga hanya terjadi penggajian dan kegiatan lembur. Proses penjurnalan pada PT. Telekomunikasi Kandatel Malang dilakukan oleh kantor pusat yang terletak di kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur penggajian di PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Kandatel Malang cukup memadai karena telah dilakukan fungsi pembuatan daftar gaji, pencatatan dan pembayaran. Fungsi pembuatan daftar gaji dilakukan oleh bagian SDM, sedangkan sebagai penyetornya adalah bagian keuangan. Di samping itu pengevaluasian laporan penggajian yang dilakukan yaitu dengan membandingkan anggaran yang telah dibuat untuk mencari penyebab perbedaan, hal ini sangat membantu manajemen dalam merencanakan biaya gaji periode mendatang. Adanya laporan penggajian per loker karyawan, penilaian prestasi, dan posisi telah dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan informasi pimpinan perusahaan. Setiap bulan juga dilakukan evaluasi atas pembayaran gaji untuk mengetahui sebab-sebab penyimpangan antara anggaran dan realisasi. Pengevaluasian ini memberikan bahan masukan dalam melaksanakan tindak lanjut atas perbedaan-perbedaan yang terjadi. Adapun saran-saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah : 1) Menghindari perangkapan pekerjaan , seperti yang dilakukan oleh bagian gaji, 2) Melakukan evaluasi atas pembayaran gaji untuk mengetahui seandainya terjadi penyimpangan antara anggaran dan realisasi.