Analisis Sistem Penyaluran Kredit Yasa Griya melalui Pengendalian Kredit guna Mencegah Terjadinya Penunggakan Kredit, (Studi Kasus pada PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Malang)

Main Author: ReviMerlinda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/114489/1/KOVER_SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/114489/2/RINGKASAN%2C_KATA_PENGANTAR%2C_DAFTAR_ISI%2C_DAFTAR_TABEL%2C_DAFTAR_GAMBAR%2C_DAFTAR_LAMPIRAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/114489/3/bab_1%2C2%2C3%2C4%2C5.pdf
http://repository.ub.ac.id/114489/4/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://repository.ub.ac.id/114489/
Daftar Isi:
  • PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Malang, merupakan bank komersial dengan bisnis utama pembiayaan perumahan dan industri ikutannya. PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Malang juga telah menetapkan sasaran bisnisnya sebagai Bank Keluarga Indonesia yang melayani kebutuhan seluruh keluarga Indonesia, dari rumah untuk semua kebutuhan. Salah satu bentuk pelayanan yang diberikan PT. Bank Tabungan Kantor Cabang Malang adalah dengan menyediakan sumber dana untuk para debitur atau developer yang membutuhkan dana untuk mengembangkan usaha di bidang perumahan, pertokoan (ruko), real estate , dan lain-lain yang lebih dikenal dengan sebutan Kredit Yasa Griya. Studi Kasus atau penelitian yang dilakukan pada PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Malang, bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan sistem penyaluran kredit yasa griya pada PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Malang dan untuk mengetahui aspek-aspek pengendalian manajemen proses kredit dalam pelaksanaan sistem penyaluran kredit yasa griya pada PT. BTN Kantor Cabang Malang sudah mampu mencegah terjadinya penunggakan kredit. Untuk mendapatkan sistem penyaluran kredit yasa griya yang baik maka diperlukan penerapan pengendalian manajemen kredit yang baik pula dalam suatu perusahaan seperti adanya aspek personil yang kompeten dan dapat dipercaya, adanya pemisahan tugas, prosedur otorisasi yang tepat, dokumen dan catatan yang memadai, kontrol fisik aktiva dan catatan, serta pemeriksaan pekerjaan secara independent . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penerapan sistem penyaluran Kredit Yasa Griya pada PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Malang telah cukup mencerminkan adanya pengendalian manajemen yang baik namun masih ada beberapa kelemahan dalam beberapa hal yaitu Loan Service memiliki peran yang dominan dalam peyaluran Kredit Yasa Griya, tidak adanya proses wawancara dalam proses penyaluran Kredit Yasa Griya, tidak adanya pemisahan tugas antara bagian yang me- monitoring rekening koran (R/K) debitur dan me- monitoring fisik agunan debitur. PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Malang telah menerapkan aspek-aspek pengendalian manajemen kredit pada sistem penyaluran Kredit Yasa Griya sehingga sudah mampu mencegah terjadinya penunggakan kredit namun dari beberapa kelemahan diatas sebaiknya perlu diadakan pemisahan tugas agar tidak di dominasi oleh bagian Loan Service , ada baiknya jika ditambahkan tahap wawancara dalam proses penyaluran kredit yasa griya, dan sebaiknya terdapat pemisahan tugas antara bagian yang me- monitoring rekening koran (R/K) debitur dan me- monitoring fisik agunan debitur.