Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Komitemen Organisasi (Penelitian pada Karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Tulungagung)
Main Author: | YalinaEvaRahmawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 1900
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/114326/1/051000782.pdf http://repository.ub.ac.id/114326/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kepuasan kerja, yang terdiri dari variabel kepuasan pada pembayaran (X 1 ), kepuasan pada pekerjaan (X 2 ), kepuasan pada promosi (X 3 ), kepuasan pada penyelia (X 4 ), dan kepuasan pada rekan kerja (X 5 ) terhadap komitmen organisasi (Y) Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi dengan pendekatan kuantitatif atau penelitian yang menekankan pada pengujian teori-teori melalui pengukuran variabel-variabel penelitian dengan angka dan melakukan analisis data dengan prosedur statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Tulungagung dengan jumlah sebanyak 49 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuisioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi untuk mengetahui pengaruh secara simultan maupun secara parsial. Adapun dalam menganalisis dan menghitung besarnya pengaruh secara simultan dan parsial dari variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) digunakan program SPSS 15.00 for windows. Pengujian ini dilakukan dengan tingkat kepercayaan 95% atau tingkat signifikan α = 0,05. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kepuasan pada pembayaran (X 1 ), kepuasan pada pekerjaan (X 2 ), kepuasan pada promosi (X 3 ), kepuasan pada penyelia (X 4 ), dan kepuasan pada rekan kerja (X 5 ) secara simultan dan parsial terhadap komitmen organisasi (Y). Secara simultan, variabel komitmen organisasi (Y) dipengaruhi oleh variabel kepuasan pada pembayaran (X 1 ), kepuasan pada pekerjaan (X 2 ), kepuasan pada promosi (X 3 ), kepuasan pada penyelia (X 4 ), dan kepuasan pada rekan kerja (X 5 ) sebesar 61.7% sementara 38,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dianalisis dalam model ini. Secara parsial, variabel kepuasan pada pembayaran (X 1 ) berpengaruh terhadap komitmen organisasi (Y) sebesar 20,5% sedangkan sisanya 79,5% ditentukan oleh variabel lain. Variabel kepuasan pada pekerjaan (X 2 ) berpengaruh terhadap komitmen organisasi (Y) sebesar 18,4% sedangkan sisanya 81,6% ditentukan oleh variabel lain. Variabel kepuasan pada promosi (X 3 ) berpengaruh terhadap komitmen organisasi (Y) sebesar 9,5% sedangkan sisanya 90,5% ditentukan oleh variabel lain. Variabel kepuasan penyelia (X 4 ) berpengaruh terhadap komitmen organisasi (Y) sebesar 9,1% sedangkan sisanya 90,5% ditentukan oleh variabel lain. Variabel kepuasan pada rekan kerja (X 5 ) berpengaruh terhadap komitmen organisasi (Y) sebesar 9,4% sedangkan sisanya 90,6% ditentukan oleh variabel lain. Pengaruh secara dominan ditunjukkan oleh variabel kepuasan pada pembayaran yang ditunjukkan dengan nilai beta paling besar yaitu 0,353, dan yang paling lemah adalah variabel kepuasan pada penyelia dengan nilai beta sebesar 0,216.