Penerapan Metode Balance Score Card untuk Mengukur Kinerja Perusahaan” (Studi pada PT. Telekomunikasi Indonesia Kandatel Malang)

Main Author: YoanAstriLestari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/114301/1/051000024.pdf
http://repository.ub.ac.id/114301/
Daftar Isi:
  • Sebagai salah satu alat analisa dalam akuntansi manajemen yang mengedepankan kombinasi pengukuran keuangan dan non keuangan, diharapkan Balance Score Carrd sapat membantu pihak manajemen untuk mengevaluasi dan memberikan penilaian kinerja suatu unit bisnis dalam periose wakt tertentu. Disamping itu Balance Score Card diharapkan pula dapat membantu perushaan untuk menetapkan strategi yang tepat guna mencapai kinerja yang lebih baik di masa mendatang. Pengukuran keuangan dan non keuangan tertuang dakam 4 (empat) perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, prspektif proses bisnis internal, serta perspektif belajar dan pertumbuhan. Untuk membuktikan kemampuan Balance Score Card dalam mengevaluasi kinerja serta menetapkan strategi, maka dilakukan suatu penelitian dengan cara mengumpulkan data keuangan dan non keuangan pada perusahaan PT TELEKOMUNIKASI Indonesia Kandatel Malang , manganalisa data yang diperoleh, dan mencoba menetepkan strategi yang tepat dan sejalan dengan strategi yang ditetapkan oleh perusahaaan. Berdasarkan pada 4 (empat) perspektif yang ada di dalamBalance Score Card maka dibuatlah desain – desain Balance Score Card untuk mengetahui kinerja perusahhan yang dapat mendukung strategi global perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam ukuran waktu dari tahun 2007 dan 2008 ,pihak perusahaan masih memiliki kinerja kurang baik dalam perspektif keuangan dan perspektif bisnis internal, namun memiliki nilai yang cukup dalam perspekif pelanggan dan perspektif belajar dan pertumbuhan. Diharapkan di masa mendatang akan tercapai kinerja yang baik dalam semua perspektif Balance Score Card dan dapat mendukung performanxe perusahaan.