Daftar Isi:
  • Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian penjelasan ( explanatory research ), dengan menggunakan data primer dan sekunder. Dengan populasi adalah konsumen yang sedang berkunjung atau berbelanja di pusat pembelanjaan Malang Town Square. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan linear regresi berganda. Hasil analisis faktor terhadap 33 indikator membentuk 6 faktor, dengan total varian 55,813 dan factor loading berkisar antara 0,572 sampai dengan 0,834. Sedangkan hasil analisis linear regresi berganda menunjukkan bahwa dengan uji F diperoleh bahwa variabel stimulus retail marketing mix (X) mempunyai pengaruh secara simultan terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung 33, 715 dengan probabilitas F hitung sebesar 0,000 (p<0,05). Dengan analisis regresi berganda variabel harga (X 2 ) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap variabel keputusan pembelian produk (Y) dengan nilai koefisien regresi 0,290. Berdasarkan penelitian ini pula diketahui bahwa variabel keputusan pembelian (Y) dipengaruhi sebesar 62,3% oleh variabel-variabel produk, sedangkan sisanya sebesar 37,7% dipengaruhi oleh variabel lain. Oleh sebab itu penulis menyarankan agar retail yang ada di Matos memperhatikan kebijakan dalam penetapan harga jual produk, dengan harga jual produk yang terjangkau oleh konsumen dan sesuai dengan kualitas produknya, ataupun dengan program diskon/potongan harga.