Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survey pada Mahasiswa Strata-1 (S1) Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Menggunakan Ponsel Nokia)
Main Author: | VironicaSuryawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/114130/1/050902278.pdf http://repository.ub.ac.id/114130/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan atas dasar banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan Keputusan Pembelian. Salah satunya adalah karena citra merek ( brand image ). Ketika membeli suatu produk, konsumen pasti mempertimbangkan merek yang menempel pada produk tersebut, walaupun terkadang bukan pertimbangan utama. Brand image dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan Keputusan Pembelian produk secara efisien. Semakin positif brand image perusahaan maka semakin mudah bagi konsumen dalam mengambil Keputusan Pembelian, yang tentunya akan berpengaruh positif pula bagi pihak perusahaan. Penelitian ini mengambil merek ponsel Nokia sebagai objek penelitian, karena merek Nokia sudah dikenal baik oleh konsumen. Banyaknya pengguna ponsel Nokia menunjukkan bahwa mereka mempertimbangkan merek dalam memutuskan untuk membeli. Hal ini dapat menunjukkan bahwa brand image Nokia cukup baik di mata konsumen, sehingga dapat mempengaruhi mereka dalam melakukan Keputusan Pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh secara simultan dan parsial dari variabel brand image yang terdiri dari Citra Pembuat, Citra Pemakai dan Citra Produk terhadap Keputusan Pembelian ponsel Nokia pada Mahasiswa Strata-1 (S1) Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang, serta untuk mengetahui dan menjelaskan manakah diantara ketiga variabel brand image yang dominan pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang menggunakan ponsel Nokia sebanyak 63 responden, dengan teknik purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampelnya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel brand image yang terdiri dari variabel Citra Pembuat (X1), Citra Pemakai (X2), dan Citra Produk (X3) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y) sebagai hasil dari Uji F, yang ditunjukkan dengan nilai F hitung > F tabel (23,104 > 2,76) atau Sig F < 5% (0,000 < 0,05). Pengujian secara parsial (Uji t) menunjukkan bahwa hanya variabel Citra Pembuat (X1) dan Citra Produk (X3) yang mempunyai pengaruh signifikan, tetapi variabel Citra Pemakai (X2) tidak mempunyai pengaruh yang signifikan tetapi tetap positif. Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai t hitung variabel Citra Pembuat (X1) mempunyai nilai t hitung > t tabel (2,618 > 1,9996) atau Sig t < 5% (0,011 < 0,05), yaitu positif dan signifikan, variabel Citra Pemakai (X2) mempunyai nilai t hitung < t tabel (0.404 < 1,9996) atau Sig t > 5% (0,688 > 0,05), yaitu positif tetapi tidak signifikan, dan variabel Citra Produk (X3) mempunyai nilai t hitung > t tabel (2,672 > 1,9996) atau Sig t < 5% (0,010 < 0,05), yaitu positif dan signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa variabel Citra Produk (X3) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil t hitung yang diperoleh yaitu sebesar 2,672. Hasil t hitung ini merupakan t hitung terbesar karena t hitung variabel lain adalah lebih kecil, yaitu Citra Pembuat (X1) sebesar 2,618, dan Citra Pemakai (X2) sebesar 0,404. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa variabel Citra Produk berpengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian, hal ini dapat dijadikan suatu bentuk informasi bagi pihak Nokia untuk dapat mempertahankan dan terus meningkatkan kualitas ponsel agar dapat membentuk image yang positif di benak konsumen, sehingga pelanggan akan terus melakukan pembelian atau bahkan mampu menarik konsumen baru, yang nantinya dapat menciptakan suatu loyalitas merek dan memberi keuntungan bagi Nokia. Sebaiknya untuk variabel-variabel lain dari brand image yang terdiri dari Citra Pembuat dan Citra Pemakai juga perlu ditingkatkan untuk mempengaruhi Keputusan Pembelian konsumen terhadap produk ponsel yang ditawarkan oleh Nokia, guna menarik minat konsumen baru dan tetap mampu mempertahankan konsumen yang lama, sehingga dapat dijadikan upaya dalam mendapatkan pangsa pasar yang semakin luas.