Analisis Usability Pada Website Terhadap Tingkat Retensi Pelanggan Pada JD.ID Berbasis ISO 9241-11

Main Author: Sanyoto, Laras Miranti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/11412/
Daftar Isi:
  • JD.id merupakan salah satu toko ritel online yang memberikan kemudahan bagi para konsumen untuk berbelanja sesuai dengan kebutuhannya. JD.id masih menerima beberapa keluhan mengenai usability websitenya, seperti ketidaksesuaian informasi pada website, penggunaan bahasa yang kurang baik serta kesulitan dalam memahami informasi yang diberikan dalam website. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas layanan website JD.id terhadap retensi pelanggannya dengan berbasis ISO 9241-11, dengan mencari pengaruh variabel Effectiveness, Efficiency dan Satisfaction secara individu maupun bersama-sama. Penelitian ini mengumpulkan data dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Kuesioner penelitian terdiri dari 27 pernyataan dengan jumlah sampel 100 responden. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa variabel Effectiveness, Efficiency dan Satisfaction secara individu maupun bersama-sama berpengaruh terhadap Customer Retention, ketika ketiga variabel tersebut meningkat maka berpengaruh terhadap loyalitas pengguna dalam menggunakan website tersebut. Effectiveness memiliki pengaruh terhadap Customer Retention sebesar 22,6%. Efficiency memiliki pengaruh terhadap Customer Retetion sebesar 16,6%. Satisfaction memiliki pengaruh terhadap Customer Retention sebesar 44,5%. Effectiveness, Efficiency dan Satisfaction secara bersama-sama pengaruh sebesar 44,6% terhadap Customer Retention. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi pada tiap-tiap variabel ISO 9241-11. Rekomendasi untuk variabel Effectiveness, yaitu membuat efek zoom-in saat navigasi atau menu sedang dihover agar memudahkan pengguna saat memilih dan memperbaiki link informasi penting agar untuk mempermudah dan mempercepat pengguna. Rekomendasi untuk Efficiency ,yaitu mengurangi perpindahan tab yang muncul ketika memilih tautan (link) dan meminimalisir penggunaan animasi dalam website dan meningkatkan tampilan antarmuka website agar semakin mempermudah penggunaan website JD.id. Rekomendasi yang diberikan untuk variabel Satisfaction adalah website lebih baik menggunakan satu bahasa saja (Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris saja), website bisa dibuat kedalam dua versi dengan Bahasa Indonesia saja atau Bahasa Inggris, memperbaiki sistem pembaharuan informasi agar lebih akurat dan sesuai sehingga tidak membingungkan pengguna dan memberikan perbedaan warna pada navigasi, kategori atau tautan (link) yang pernah dikunjungi agar pengguna lebih mudah mengetahui aktivitas yang pernah dilakukan.