Analisis Pengalaman Pengguna Permainan Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) Dengan Menggunakan Game Experience Questionnaire (GEQ) Pada Game Dota 2
Main Author: | Soleh, Rachmad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/11410/ |
Daftar Isi:
- Multiplayer online battle arena (MOBA) adalah genre dari video game strategi. MOBA menyediakan suasana kompetitif yang kuat sehingga memberikan pengalaman yang berbeda tiap penggunanya. DotA 2 merupakan salah satu game MOBA yang paling terkenal namun DotA 2 memiliki tren yang menurun pada loyalitas penggunanya. Pengalaman pengguna sangat penting bagi kesuksesan sebuah game. Metode playtesting digunakan untuk menganalisis pengalaman pengguna pada DotA 2 dengan menggunakan Game Experience Questionnaire (GEQ) sebagai instrumennya kepada 25 orang responden yang belum pernah memainkan DotA 2. Hasil GEQ digunakan untuk mengetahui pengalaman yang dirasakan pengguna terhadap DotA 2 dan sebagai bahan referensi dalam pengembangan game MOBA selanjutnya sehingga dapat meningkatkan pengalaman penggunanya. Hasil GEQ Core Module menunjukkan dimensi competance dan negative effect yang secara signifikan memiliki nilai rata-rata dibawah median, membuktikan pengguna baru tidak memiliki kemampuan yang baik dan tidak merasakan efek negatif saat bermain DotA 2. Pada GEQ Social Presence Module menunjukkan nilai rata-rata tertinggi didapatkan dimensi negative feelings, membuktikan pengguna baru sangat merasakan perasaan negatif saat bermain dengan pemain lain. Sedangkan pada GEQ Post Game Module menunjukkan pengguna baru merasakan pengalaman positif dan tidak terlalu merasakan pengalaman negatif, merasa lelah dan sedikit sulit kembali ke dunia nyata setelah selesai bermain DotA 2. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengalaman pengguna bagi pengguna baru pada DotA 2 cukup baik namun terdapat kendala pada kompetensi pengguna dan perasaan negatif terhadap pemain lain.