Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah (Survai pada Nasabah Baitut Tamwil Muhammadiyah (BTM) “MENTARI” Ngunut, Tulungagung)

Main Author: Mujiana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/114076/1/051105437.pdf
http://repository.ub.ac.id/114076/
Daftar Isi:
  • Tujuan dalam penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui pengaruh dari variabel Kualitas Pelayanan yang terdiri dari variabel Bukti Langsung, variabel Keandalan, variabel Daya Tanggap, variabel Jaminan, dan variabel Empati, secara bersama-sama terhadap Loyalitas Nasabah 2). Untuk mengetahui pengaruh dari variabel Kualitas Pelayanan yang terdiri dari variabel Bukti Langsung, variabel Keandalan, variabel Daya Tanggap, variabel Jaminan, dan variabel Empati, secara parsial terhadap Loyalitas Nasabah. Jenis penelitian ini adalah explanatory research , yaitu: penelitian penjelasan yang menguji hipotesis pengaruh variabel Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan yang berdampak pada Loyalitas Pelanggan . Variabel bebas yang digunakan adalah Bukti Langsung, variabel Keandalan, variabel Daya Tanggap, variabel Jaminan, dan variabel Empati. Variabel terikatnya adalah Loyalitas Nasabha. Penelitian dilakukan di Koperasi Syariah Baitut Tamwil Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan teknik Stratified Random Sampling yaitu populasi yang dianggap heterogen menurut suatu karaktetistik tertentu terlebih dahulu dikelompok-kelompokkan dalam beberapa sub-populasi sehingga tiap sub-populasi yang ada memiliki anggota sampel yang relatif homogen, lalu dari tiap sub populasi ini secara acak diambil anggota sampelnya dimana dalam penentuan jumlah samplenya digunakan rumus Slovin . Metode pengumpulan data dengan kuesner dan wawancara. Jumlah responden sebanyak 93 nasabah. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi linier berganda serta regresi parsial. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang pengaruh yang signifikan dari kelima variabel Kualitas Pelayanan yang dilihat dari F sebesar 19,293 dengan probabilitas (p) sebesar 0,000 dan memberikan kontribusi sebesar 52,6% yang menempatkan variabel Jaminan paling berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan ditunjukkan t hitung sebesar 6,113. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan mempunyai pengaruh signifikan terhadap Loyalitas Nasabah.. Hal ini menunjukkan bahwa kajian tentang Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Pelanggan pada Baitut Tamwil sesuai dengan dasar-dasar teoritis. Atas temuan yang dicapai, disarankan kepada perusahaan untuk meningkatkan kegiatan-kegiatan yang lebih intensif guna membangun dan mengembangkan bukti fisik, daya tanggap, jaminan, dan empati yang lebih baik dimasa mendatang sehingga dapat meningkatkan respon terhadap BTM “MENTARI”