Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen” (studi pada keluarga pasien rawat inap Rumah Sakit Umum Blambangan Banyuwangi)

Main Author: IndraFirmanPramugiharto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/114075/1/051105437.pdf
http://repository.ub.ac.id/114075/
Daftar Isi:
  • Di negara indonesia salah satu sektor jasa yang sedang berkembang dengan pesat adalah sektor jasa rumah sakit. Sehubungan dengan semakin tingginya tingkat harapan hidup didalam masyarakat menimbulkan kesadaran yang tinggi pula akan pentingnya kesehatan. Rumah sakit sangat berperan besar untuk menyediakan pelayanan kepada masyarakat terutama kepada masyarakat kelas menengah kebawah yang diharapkan menjadi rumah sakit bermutu dan murah sehingga dapat dijangkau oleh umum Tujuan dari penelitian ini adalah Bagaimanakah pengaruh variabel kualitas pelayananan kesehatan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Blambangan Banyuwangi secara simultan dan bagaimana pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen secara parsial Metode penelitian ini menggunakan adalah metode penelitian survey yaitu suatu metode pengumpulan informasi dengan menanyakan seperangkat pertanyaan yang dirumuskan sebelumnya dengan urutan yang ditentukan dalam sebuah kuesioner terstruktur kepada suatu sampel individu-individu yang ditarik sebagai representasi dari populasi tertentu. Dalam penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel dari satu populasi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data pokok dan menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis Hasil dari penelitian ini adalah secara simultan bahwa variabel bukti langsung (X 1 ), keandalan (X 2 ), daya tanggap (X 3 ), jaminan (X 4 ), empati (X 5 ) berpengaruh secara simultan terhadap tingkat kepuasan (Y) yang ditunjukan oleh F hitung sebesar 76,394 denga probalitas 0,000 yang nilainya lebih kecil dari nilai α =0,05 (p< 0,05) dan secara parsial diketahui bahwa variabel bukti langsung (X 1 ), keandalan (X 2 ), daya tanggap (X 3 ), jaminan (X 4 ), dan empati (X 5 ) berpengaruh secara serentak terhadap tingkat kepuasan konsumen akan tetapi secara parsial hanya variabel bukti langsung (X 1 ), Jaminan (X 4 ), dan empati (X 5 ) yang berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen, sedangkan sisanya variabel Keandalan (X 2 ) dan Daya tanggap (X 3 ) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen.