Pengaruh Penerapan Personal Selling Terhadap Volume Penjualan Studi Pada Perusahaan Rokok Candra Surya Abadi Ponorogo

Main Author: DodyYustianPutra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/113862/1/050900166.pdf
http://repository.ub.ac.id/113862/
Daftar Isi:
  • Semakin ketat dan semakin tajamnya persaingan, perusahaan berupaya supaya produk yang dihasilkan dapat laku terjual atau dapat menguasai pasar serta mendapatkan keuntungan yang seoptimal mungkin. Oleh karena itu perusahaan harus mampu memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki semaksimal mumgkin dan berusaha untuk mencari terobosan-terobosan baru terutama dibidang pemasaran yang mempunyai peran yang sangat penting. Perusahaan tidak hanya menawarkan produk yang baik dengan harga yang wajar, melainkan juga memberi informasi kepada calon pelanggan mengenai produk tersebut dan dimana mereka dapat membelinya, salah satunya dengan cara promosi melalui Personal Selling (Penjualan Perorangan). Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan Personal Selling pada perusahaan serta untuk mengetahui pengaruh penerapan Personal Selling dengan Volume Penjualan. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksplanatori . Dalam penelitian ini menggunakan beberapa analisis, yaitu analisis pertumbuhan yang ditujukan untuk mengetahui perkembangan Jumlah Tenaga Wiraniaga, Frekuensi Kunjungan Wiraniaga, Biaya Personal Selling dan Volume Penjualan, dan analisis regresi linier berganda yang ditujukan untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara simultan maupun parsial. Berdasarkan analisis pertumbuhan diketahui bahwa dengan adanya Personal Selling maka volume penjualan akan meningkat pula. Dari hasil analisis dengan menggunakan regresi linear berganda dapat diketahui bahwa variabel Personal Selling memberikan pengaruh terhadap Volume Penjualan Perusahaan Rokok Candra Surya Abadi Ponorogo. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0,998 atau 99,8 %, yang menunjukkan bahwa variabelvariabel Personal Selling dalam penelitian ini mempengaruhi Volume Penjualan Perusahaan Rokok Candra Surya Abadi Ponorogo sebesar 99,8% dan sisanya 0,2% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Dalam penelitian ini ditemukan pula bahwa diantara variabel Personal Selling yang mempunyai pengaruh dominan adalah variabel Frekuensi Kunjungan Wiraniaga yang ditunjukkan dengan t-hitung sebesar 3,575 dan koefisien determinasi parsial sebesar 0,539 yang berarti bahwa kontribusi variabel Frekuensi Kunjungan Wiraniaga terhadap Volume Penjualan Perusahaan Rokok Candra Surya Abadi Ponorogo adalah sebesar 53,9%. Dengan demikian perusahaan dapat membuat kebijakan antara lain mempertahankan promosi Personal Selling yang terbukti memberikan pengaruh besar terhadap volume penjualan. Atas hasil yang dicapai disarankan kepada pihak perusahaan lebih memfokuskan pada variabel Frekuensi Kunjungan Wiraniaga karena dalan penelitian ini variabel Frekuensi Kunjungan Wiraniaga berpengaruh dominan terhadap Volume Penjualan.