Sistem dan Prosedur Penerimaan Retribusi Parkir Dalam Upaya Mendukung Pengendalian Intern (Studi Pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang)

Main Author: ReniWidayanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/113836/1/Isi_Skripsi.pdf
http://repository.ub.ac.id/113836/1/Sistem_dan_Prosedur_Penerimaan_Retribusi_Parkir_dalam_Upaya_Mendukung_Pengendalian_Intern.pdf
http://repository.ub.ac.id/113836/1/Lampiran.pdf
http://repository.ub.ac.id/113836/
Daftar Isi:
  • Retribusi parkir dipandang sebagai salah satu sumber kontribusi yang potensial bagi Kabupaten Malang, karena hal ini sejalan dengan semakin meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan seiring pula dengan pertumbuhan sosial ekonomi masyarakat kota sehingga mengakibatkan peningkatan terhadap tingkat mobilitas. Adanya tingkat mobilitas yang meningkat maka secara tidak langsung berpengaruh terhadap usaha perparkiran sehingga pemasukan daerah dari sektor retribusi parkir akan meningkat pula. Selama ini retribusi parkir belum dikelola sebagaimana mestinya, padahal ini merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang potensial. Untuk menjamin agar pelaksanaan penerimaan hasil retribusi parkir secara tertib dalam kepengurusannya dalam hal ini perlu diterapkan suatu sistem dan prosedur penerimaan retribusi parkir sehingga tercipta pengendalian intern yang baik dan tepat. Sistem pengendalian intern dikatakan baik apabila sistem dan prosedur penerimaan retribusi parkir tersebut telah menunjukkan pencapaian tujuan penerapannya. Peranan pengendalian intern sangat besar dalam hal pemungutan retribusi, mengingat bahwa pengendalian intern ini adalah merupakan tindakan preventif terhadap terjadinya penyelewengan yang mungkin akan terjadi. Dengan adanya sistem pengendalian intern yang baik akan dapat mencegah atau mengurangi tindakan penyelewengan sehingga diharapkan akan dapat mendorong peningkatan penerimaan daerah dari hasil pemungutan retribusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan sistem dan prosedur penerimaan retribusi parkir pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang. Selain itu bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan sistem dan prosedur penerimaan retribusi parkir tersebut sudah mencerminkan pengendalian intern yang baik atau belum. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus yaitu pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang. Fokus penelitian ini adalah pengendalian intern pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang yang meliputi struktur organisasi,sistem wewenang dan prosedur pencatatan, praktek yang sehat, karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawabnya, sistem penyediaan benda berharga (karcis), dan sistem penerimaan retribusi parkir. Lokasi penelitian dilakukan pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang. Jenis data primer diperoleh secara langsung dari sumbernya yaitu terhadap responden yang akan