Peranan Saluran Distribusi dalam Meningkatkan Volume Penjualan Suatu kajian saluran distribusi pada Basuki Lacasa Art Galery Singosari Malang
Main Author: | GheacintaVanda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/113828/1/050803702.pdf http://repository.ub.ac.id/113828/ |
Daftar Isi:
- Saluran distribusi sebagai salah satu aktivitas pemasaran, yang memegang peranan penting dalam fungi penyebaran dan ketersediaan produk di pasar. Saluran distribusi terdiri dari seperangkat lembaga yang melakukan semua kegiatan yang digunakan untuk menyalurkan produk dan status kepemilikannya dari produsen ke konsumen akhir. Ketepatan perusahaan dalam memilih dan menentukan saluran distribusi yang akan digunakan, ikut berpengaruh dalam pencapaian tujuan pemasaran secara keseluruhan. Perumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana peranan saluran distribusi dalam upaya meningkatkan volume penjualan dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran mengenai peranan saluran distribusi yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan penjualan sekaligus untuk mengetahui masalah-masalah yang dihadapi oleh perusahaan terutama berkaitan dengan saluran distribusi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dengan menyesuaikan data yang ada lalu mendeskripsikannya serta memberikan suatu penafsiran untuk menggambarkan secara sistematis, aktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang ada dalam saluran distribusi pada perusahaan yang diteliti. Berdasarkan analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan Meubel Basuki Lacasa Art Galery menggunakan dua jenis saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tidak langsung, selain itu perusahaan mempunyai masalah dengan keberadaan agen yang masih sedikit dan tidak merata, kurang maksimalnya pemanfaatan fungsi-fungsi saluran distribusi seperti fungsi penyebaran informasi, fungsi promosi dan fungsi pengangkutan. Untuk itu perlu adanya penambahan agen untuk daerah Singosari, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali. Dengan penambahan agen tersebut maka diharapkan fungsi penyebaran informasi dapat berjalan dengan baik dalam memperoleh informasi yang berkaitan dengan produk. Perusahaan perlu mengoptimalkan fungsi-fungsi saluran distribusi yang digunakan seperti fungsi penyebaran informasi, promosi dan pengangkutan agar dapat ditentukan kebijakan yang tepat berkenaan dengan pemasaran produk perusahaan.