Analisis Pengaruh Bauran Promosi terhadap keputusan pembelian rumah survei pada Users Kompleks Perumahan Permata Jingga

Main Author: RachmiEvaLiana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/113792/1/050800240.pdf
http://repository.ub.ac.id/113792/
Daftar Isi:
  • Persaingan sektor bisnis real estate yang semakin kompetitif memicu para pelaku pasar untuk berkompetisi menciptakan hunian yang dapat memenuhi kebutuhan dan selera konsumen. Salah satu unsur pemasaran yang dapat digunakan untuk mempengaruhi perilaku konsumen adalah promosi. Bagi perusahaan promosi sangat penting untuk memperkenalkan produk dan mempercepat diterimanya produk dipasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh bauran promosi (periklanan, promosi penjualan, personal selling, public relation, direct marketing) terhadap keputusan pembelian, serta untuk mengetahui variabel mana yang dominan dalam mempengaruhi konsumen terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah periklanan (X1), promosi penjualan (X2), personal selling (X3), public relation (X4), direct marketing (X5) dan variabel terikatnya adalah pembelian rumah (Y). Penelitian ini dilakukan di Perumahan Permata Jingga milik PT. Buanakarya Adimandiri yang berada di Malang dengan sampel sebanyak 51 orang. Tehnik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda dan parsial. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel periklanan (X1), promosi penjualani (X2), personal selling (X3), public relation (X4), direct marketing (X5) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian hunian rumah Permata Jingga Malang, serta memberikan kontribusi sebesar 43,0 % terhadap variabel Y. Sedangkan secara parsial hanya variabel periklanan (X1), promosi penjualan (X2), personal selling (X3), public relation (X4) yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian rumah, sementara direct marketing (X5) memiliki pengaruh negatif dan signifikan nilai thitung X5 lebih kecil dari t tabel yaitu sebesar -2,0076 dan seluruh variabel memiliki probabilitas (p < 0,05). Variabel yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian hunian rumah Permata Jingga adalah variabel Promosi Penjualan (X2) karena memiliki koefisien regresi yang paling besar dibandingkan dengan 4 variabel lainnya yaitu sebesar 0,464 dengan probabilitas sebesar 0.001 (p < 0,05) Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa variabel Promosi Penjualan (X2) berpengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian hunian rumah Permata Jingga. Hal ini bukan berarti bahwa variabel periklanan (X1), personal selling (X3), public relation (X4), direct marketing (X5) tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian hunian rumah Permata Jingga, variabel periklanan (X1), personal selling (X3), public relation (X4) memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian hunian rumah Permata Jingga, sementara direct marketing (X5) memiliki pengaruh negatif. Oleh karena itu, hendaknya perusahaan maka perusahaan perlu untuk mengevaluasi kembali atau dengan cara memperbarui program direct marketing yang telah ada dengan tujuan untuk meningkatkan kekuatan dan keunggulan produk. Untuk keempat variabel lainnya yang memiliki pengaruh positif dan signifikan perusahaan perlu untuk lebih mengoptimalkan pengimplementasian konsep Bauran Promosi dengan cara menggunakan komunikasi pemasaran yang terpadu.