Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan survai pada Nasabah Kartu Kredit Bank X Cabang Y Malang

Main Author: NoviAdiyanto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/113766/1/050802890.pdf
http://repository.ub.ac.id/113766/
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah pengaruh secara bersama-sama maupun secara parsial konsep Relationship Marketing yang terdiri dari variabel Komunikasi (X1), Diferensiasi (X2), Personalisasi (X3), dan Rewards (X4) terhadap tingkat loyalitas nasabah pada Kartu Kredit Bank X Cabang Y Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Eksplanatori dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data dan mengambil responden sebanyak 75 orang, yang merupakan nasabah Kartu Kredit Bank X Cabang Y Malang. Terdapat dua konsep, yaitu Konsep Relationship Marketing yang terdiri dari empat Variabel Bebas yaitu Variabel Komunikasi (X1), Diferensiasi (X2), Personalisasi (X3), dan Rewards (X4). Sedangkan konsep kedua adalah Konsep Loyalitas Nasabah terdiri dari satu variabel yaitu Variabel Tingkat Loyalitas Nasabah yang merupakan Variabel Terikat. Penelitian ini menguji hipotesis bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama dari Variabel Komunikasi (X1), Diferensiasi (X2), Personalisasi (X3), dan Rewards (X4) terhadap Variabel Tingkat Loyalitas Nasabah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling . Berdasarkan analisis data dengan menggunakan Regresi Linier Berganda dapat diketahui bahwa Variabel Komunikasi, Diferensiasi, Personalisasi, dan Rewards mampu menjelaskan Tingkat Loyalitas Nasabah secara bersama-sama. Hal ini ditunjukkan oleh angka Korelasi Berganda ( R ) sebesar 0,925 dan nilai Adjusted R Square sebesar 0,847 atau 84,7 % dengan probabilitas (p) sebesar 0,000, sedangkan pengaruh secara parsial dari masing-masing variabel menunjukkan pengaruh yang signifikan. Dalam penelitian ini ditemukan pula bahwa diantara Variabel Bebas yang mempunyai pengaruh dominan adalah Variabel Komunikasi (X1) dengan ditunjukkan dengan t-hitung sebesar 4,637. Dimensi Relationship Marketing yang dominan yakni Komunikasi, hendaknya diberi perhatian khusus oleh pengelola. Hal ini karena dengan komunikasi yang baik, nasabah merasa diperhatikan dan selalu mengetahui perkembangan terbaru dari Kartu Kredit Bank X sehingga para nasabah tetap loyal.