Pengembangan Produk dalam Rangka Meningkatkan Penjualan studi kasus pada Perusahaan Basuki Lacasa Art Galery, Singosari-Malang
Main Author: | ShoniSholakhuddin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/113747/1/050802739.pdf http://repository.ub.ac.id/113747/ |
Daftar Isi:
- Pengembangan produk merupakan salah satu strategi produk yang dapat dipakai oleh perusahaan guna mempertahankan posisinya di pasar, menanggulangi penurunan penjualan dan menjaga kestabilan penjualannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pelaksanaan pengembangan produk yang dilakukan oleh perusahaan dan peranannya terhadap meningkatkan penjualan produk perusahaan. Pengembangan produk inilah yang dilakukan oleh Perusahaan Basuki Lacasa Art Galery dengan menawarkan berbagai macam produk Furniture klasik atau unik hasil pengembangan yang beragam dengan tujuan untuk mempertahankan posisinya di pasar, menanggulangi penurunan penjualan dan meningkatkan penjualannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dimana peneliti menggunakan lima dimensi spesifik yaitu: Kualitas Produk, Biaya Produk, Waktu Pengembangan, Biaya Pengembangan, Kapabilitas Pengembangan, yang digunakan untuk menilai kinerja usaha pengembangan produk perusahaan. Peneliti juga menggunakan Analisis Deviasi untuk mengetahui peningkatan penjualan perusahaan. Kualitas produk yang dihasilkan Perusahaan Basuki Lacasa Art Galery dari hasil pengembangan produk dapat dikatakan berkualitas tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dengan daerah pemasaran yang mencakup Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, dan Bali serta pemasaran luar negeri meliputi Jepang, Thailand, Malaysia, Singapura dan Jordania. Biaya produk yang dikeluarkan perusahaan dapat dikatakan tidak terlalu besar untuk industri Mebel klasik atau antik seperti pada Basuki Lacasa Art Galery ini Sehingga perusahaan dapat menentukan harga jual produk di bawah para pesaing. Waktu pengembangan produk pada Perusahaan sekitar 1-2 bulan, hal ini berarti perusahaan dinilai cepat dalam mengembangkan produk. Biaya pengembangan produk perusahaan tersedia sehingga perusahaan mampu untuk mengembangkan produk. Kapabilitas Pengembangan Perusahaan Basuki Lacasa Art Galery dapat dilihat dari kemampuan perusahaan untuk mengeluarkan berbagai macam produk Furniture antik dalam berbagai pilihan model ukiran. Dari Analisis Deviasi, pelaksanaan pengembangan produk yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan cukup efektif, hal ini dapat dilihat dari data hasil penjualan selama 5 tahun yang terus menerus mengalami peningkatan bahkan ada beberapa produk yang melebihi target yang telah ditetapkan. Pengembangan produk yang dilakukan oleh perusahaan cukup berhasil dalam meningkatkan penjualan, akan tetapi hal ini harus diikuti dengan peningkatan kualitas produk dan keaktifan perusahaan dalam mencari pasar baru untuk memperluas daerah pemasarannya.