Pengaruh Bauran Ritel (Retailing Mix) terhadap Keputusan Pembelian Survai pada Konsumen Indomaret Jalan Veteran no. 76 Blitar

Main Author: CaturRahayuningtiyas
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/113703/1/050802510.pdf
http://repository.ub.ac.id/113703/
Daftar Isi:
  • Bisnis ritel merupakan suatu jenis usaha perdagangan yang telah diberi nilai tambah, berhubungan dengan penjualan produk atau jasa, dimana merupakan saluran terakhir dari produsen ke konsumen untuk tujuan pribadi atau keluarga. Dalam melaksanakan bisnis ritel, para pelaku bisnis ritel dituntut untuk memiliki pemahaman yang jelas terhadap keseluruhan faktor yang mempengaruhi konsumen dalam keputusannya untuk melakukan pembelian seperti; Produk, Harga, Promosi, Lokasi, Pelayanan serta Desain dan Tampilan Toko atau secara keseluruhan biasa disebut dengan Bauran Ritel ( Retailing mix ) guna memperlancar bisnis mereka. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Bauran Ritel ( Retailing Mix ) Terhadap Struktur Keputusan Pembelian yang dilakukan konsumen pada Indomaret jalan Veteran no. 76 Blitar dan untuk mengetahui variabel-variabel Bauran Ritel ( Retailing Mix ) yang mempunyai pengaruh dominan terhadap Struktur Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory dengan metode survai untuk menyoroti adanya hubungan antara variabel-variabel dalam konsep Bauran Ritel ( Retailing Mix ) yang meliputi: Produk, Harga, Promosi, Lokasi, Pelayanan, serta Desain dan Tampilan Toko terhadap variabel terikat yaitu Struktur Keputusan Pembelian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner, teknik pengambilan sampel adalah menggunakan teknik accidental sampling . Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 75 orang konsumen Indomaret jalan Veteran no. 76 Blitar. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, korelasi berganda, regresi linier berganda, dan regresi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serentak ( simultan ) variabel bebas dalam konsep Bauran Ritel ( Retailing Mix ) yang meliputi Produk, Harga, Promosi, Lokasi, Pelayanan, serta Desain dan Tampilan Toko mempunyai hubungan yang signifikan terhadap variabel terikat Struktur Keputusan Pembelian, dengan nilai F-hitung sebesar 13,300 dan nilai probabilitas sebesar 0,000. Analisis regresi parsial menunjukkan bahwa variabel Desain dan Tampilan Toko merupakan variabel yang dominan pengaruhnya terhadap Struktur Keputusan Pembelian. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t-hitung sebesar 5,792 dengan probabilitas sebesar 0,000 dan didukung nilai koefisien regresi terbesar yaitu 0,659