Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode Fuzzy Multiple Criteria Decision Making (FMCDM) (Studi Kasus di CV. Cita Nasional Salatiga)

Main Author: Azizah, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/11368/
Daftar Isi:
  • Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan orang yang bekerja dalam suatu organisasi biasa disebut karyawan dan berperan penting dalam meningkatkan produktivitas kinerja industri dan prestasi karyawan. Peningkatan kualitas karyawan dapat dilakukan dengan penilaian kinerja karyawan. Penilaian kinerja yaitu evaluasi terhadap kinerja karyawan dengan membandingkan hasil aktual dengan hasil yang diinginkan. CV. Cita Nasional adalah perusahaan yang memproduksi produk olahan susu yaitu susu pasteurisasi-homogenisasi dan yoghurt. CV. Cita Nasional sampai saat ini belum pernah melakukan penilaian kinerja karyawan secara formal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil bobot kriteria dan sub kriteria penilaian dan hasil perangkingan penilaian kinerja karyawan setiap departemen serta pemberian usulan perbaikan. Pendekatan yang digunakan untuk penilaian kinerja karyawan yaitu fuzzy perbandingan berpasangan (pairwise comparison) dan Fuzzy Multiple Criteria Decision Making (FMCDM). Kompetensi yang digunakan yaitu prestasi dan aksi (C1), kemampuan melayani (C2), kemampuan memimpin (C3), kemampuan mengelola (C4), kemampuan berpikir (C5) dan kemampuan bersikap dewasa (C6). Penilaian dilakukan kepada karyawan langsung pada departemen pengemasan cup, minipack, krat, departemen proses produksi, departemen gudang, departemen QC and RnD dan maintenance and service yang berjumlah 65 orang dengan penilai dari masing-masing departemen. Hasil perangkingan yang diperoleh yaitu pada departemen pengemasan cup 2 karyawan termasuk kategori kinerja tinggi dengan nilai 3,4053 dan 3,4013 serta 19 karyawan dengan kinerja sesuai standar. Pada departemen pengemasan minipack, krat, departemen proses produksi, gudang dan QC and RnD seluruh karyawan termasuk kategori kinerja sesuai standar. Pada departemen maintenance and service 2 karyawan termasuk kinerja sesuai standar dan 2 karyawan dengan kinerja rendah. Perbaikan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja karyawan yaitu dengan melakukan training, pemberian motivasi serta dilakukan diskusi terbuka.