Implementasi strategi pemasaran untuk meningkatkan keunggulan kompetitif studi pada Hotel Splendid Inn Malang

Main Author: RamdhaniLuqmanNugroho
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/113679/1/050802398.pdf
http://repository.ub.ac.id/113679/
Daftar Isi:
  • Industri jasa perhotelan memiliki prospek yang cukup baik, terbukti semakin banyaknya usaha-usaha sejenis yang muncul di Kota Malang. Dengan demikian dapat menciptakan persaingan dalam industri ini menjadi semakin ketat, dimana setiap pengusahanya berusaha untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Splendid Inn yang merupakan industri perhotelan tentu merasakan adanya persaingan. Untuk tetap bertahan di persaingan yang ketat dalam industri ini, perlu adanya keunggulan yang dimiliki. Keunggulan tersebut dapat diperoleh dari kekuatan hotel untuk dijadikan alat bersaing sehingga dapat tercapai tujuannya. Untuk dapat bertahan atau bahkan mengungguli pesaingnya perlu menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di hotel Splendid Inn yang beralamat di jalan Majapahit 4 Malang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kondisi eksternal hotel yang dapat memberikan peluang dan ancaman, kondisi internal hotel yang menjadi kekuatan dan kelemahan, dan menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk diimplementasikan. Teknik analisis datanya adalah dengan mengumpulkan data sebanyak-banyaknya dan kemudian menganalisis dengan menggunakan analisis EFAS, IFAS, SWOT, CPM, dan Internal Eksternal Matriks Berdasarkan hasil analisis EFAS dapat diketahui beberapa peluang yang harus dimanfaatkan, yaitu berada pada lokasi yang mendukung, perkembangan teknologi, peningkatan jumlah penduduk dan perkembangan perekonomian. Ancaman yang dihadapi yaitu keamanan masih kurang terjamin, banyaknya produk subtitusi, persaingan yang ketat dan kemampuan tawar-menawar pembeli. Berdasarkan analisis IFAS diketahui kekuatan yang dimiliki adalah hotel telah lama berdiri, lokasi yang strategis, produk bervariasi dan harga mampu bersaing. Kelemahan yang dimiliki adalah promosi kurang gencar, kurangnya fasilitas, kerjasama agen dan jumlah kamar yang sedikit. Dari analisis SWOT yang dilakukan, diketahui strategi yang digunakan adalah strategi yang agresif melalui strategi pengembangan pasar atau Market Development sebagai upaya untuk menarik segmen pasar baru di masyarakat. Yang bisa dilakukan dengan menambah daerah-daerah pemasaran yang baru. Kemudian dalam Competitive Profile Matrix (CPM) , menunjukkan faktor strategis yang penting dalam industri perhotelan adalah produk yang ditawarkan dengan bobot 0,20 yang berarti banyaknya variasi produk yang ditawarkan mampu mempengaruhi konsumen untuk menggunakan jasa perhotelan. Dari hasil matrik CPM, hotel Splendid Inn memiliki nilai total 2,70. nilai tersebut lebih tinggi dari pada kedua pesaingnya yaitu hotel Kartika Kusuma dengan nilai 2,50 dan hotel Montana yang memiliki nilai 2,65. dengan demikian berarti hotel Splendid Inn masih lebih kuat dari pesaingnya. Hasil matrik IE posisi hotel Splendid Inn terdapat pada koordinat (2,98,2,84) yang berada pada kolom 5. Artinya, startegi yang diperoleh berdasarkan matrik IE adalah startegi Market Penetrtation dilakukan untuk meningkatkan usaha-usaha pemasaran yang lebih besar baik dari biaya iklan atau promosi lainnya. Product Development dengan penambahan produk atau variasi produk yang dimiliki hotel Splendid Inn dan peningkatan fasilitas lainnya sehingga dapat dijadikan sebagai keunggulan untuk bersaing dalam industri yang sejenis.