Studi faktor-faktor penentu kepuasan kerja karyawan studi pada karyawan PR Djagung Padi Malang
Main Author: | SandiNoorHimawanto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/113637/1/050801902.pdf http://repository.ub.ac.id/113637/ |
Daftar Isi:
- Dalam dunia bisnis Sumber Daya Manusia memegang peranan penting dalam pencapaian tujuan perusahaan dan untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat dalam dunia bisnis, secara otomatis perusahaan harus memiliki keunggulan kompetitif yang berkesinambungan. Keberhasilan suatu perusahaan sangat tergantung pada kemampuannya dalam mengelola perusahaan tersebut serta mengatur karyawannya yang terdiri dari berbagai latar belakang. Hal ini bukan hal yang mudah karena perusahaan dituntut untuk mengerti dan memahami kebutuhan karyawan. Salah satu cara untuk mengetahui apa yang diinginkan dan diharapkan karyawan adalah dengan mengetahui tingkat kepuasan kerja karyawan. Berangkat dari kondisi seperti di atas maka tertaik untuk menyusun skripsi ini dengan judul “Studi Faktor-Faktor Penentu Kepuasan Kerja Karyawan”.Dalam penelitian ini dilakukan penelitian pada Perusahaan Rokok Djagung Padi Malang, penulis mencoba mendeskripsikan seberapa tinggi tingkat kepuasan kerja karyawan yang bekerja pada Perusahaan Rokok Djagung Padi Malang dengan menggambarkan melalui 4 faktor yang dikemukakan oleh Siagian yaitu Pekerjaan yang penuh tantangan, sistem penghargaan yang adil, kondisi kerja yang mendukung, dan sikap orang lain dalam organisasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskkriptif kuantitatif. Dari penggambaran faktor-faktor penentu kepuasan kerja yang dikemukakan oleh Siagaian, dapat diketahui bahwa faktor-faktor tersebut sebagian besar hampir sama dengan beberapa pendapat ahli mengenai faktor-faktor penentu kepuasan kerja. Dari perhitungan dengan menggunakan analisis Persentase dan Mean dapat diketahui bahwa tingkat kepuasan kerja karyawan PR Djagung Padi Malang berada pada level tinggi, sedangkan dengan menggunakan analisis Standar Deviasi dapat diketahui bahwa kepuasan kerja karyawan PR Djagung Padi Malang memiliki tingkat kepuasan yang homogen atau relatif sama.Perhitungan juga menunjukkan bahwa tingkat kepuasan kerja karyawan tertinggi ada pada sub variabel sikap orang lain dalam organisasi, dan sub variabel terendah ada pada sub variabel pekerjaan yang penuh tantangan. Saran yang dapat diberikan sesuai dengan hasil penelitian dan pembahasan yaitu bagi pihak pimpinan perusahaan disarankan untuk mempertahankan bahkan meningkatkan kepuasan kerja karyawannya walaupun hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan kerja yang dirasakan karyawan cukup tinggi dan dengan diketahuinya tingkat kepuasan kerja karyawan yang mungkin masih belum sesuai 100% dengan harapan karyawan, maka pihak perusahaan dapat mengadakan penelitian lanjutan tentang faktor apa saja yang menyebabkan ketidakpuasan kerja dan sebab-sebab kurang terpenuhinya harapan dari karyawan itu.