Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Model Pelayanan Satu Pintu Studi Pada Kantor Pelayanan Terpadu Kota Blitar

Main Author: ElisMeiana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/113621/1/050801779.pdf
http://repository.ub.ac.id/113621/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan atas dasar keluhan masyarakat umum dan kalangan dunia usaha mengenai proses pelayanan perijinan oleh pemerintah yang berbelitbelit, tidak transparan dan perlu biaya ekstra. Mereka sering bolak-balik dari satu kantor lain hanya untuk mengurus suatu layanan perijinan. Tentu saja hal ini membuat masyarakat menjadi merasa dipermainkan oleh aparat pemerintah, sehingga kinerja pelayanan umum secara keseluruhan menjadi buruk. Ketidak jelasan prosedur, biaya dan waktu pemrosesan ijin yang tidak pasti selesainya yang menyebabkan biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat pada akhirnya menjadi tinggi. Menanggapi permasalahan tersebut maka perlu adanya upaya peningkatan kualitas pelayanan publik yang lebih transparan, sederhana dan juga murah. Permasalahan dalam skripsi ini adalah (1) Pelaksanaan model pelayanan satu pintu pada Kantor Pelayanan Terpadu Kota Blitar.(2) Upaya yang dilakukan Kantor Pelayanan Terpadu Kota Blitar dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.(3) Kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh Kantor Pelayanan Terpadu Kota Blitar. Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pelayanan satu pintu pada Kantor Pelayanan Terpadu Kota Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan upaya Kantor Pelayanan Terpadu Kota Blitar dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. (3) Untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh Kantor Pelayanan Terpadu Kota Blitar. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan metode pencatatan atas pengamatan fakta yang berhasil dilihat. Adapun tekhnik pengumpulan data melalui observasi/ pengamatan, wawancara, dan dokumentasi atas segala fenomena dan keterangan sumber data terkait. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan model pelayanan satu pintu pada Kantor Pelayanan Terpadu Kota Blitar sudah cukup baik jika ditinjau dari prosedur yang tidak berbelit-belit dan juga persyaratan yang yang ditetapkan cukup jelas sehingga tidak membingungkan masyarakat. Selain itu upaya-upaya yang dilakukan Kantor Pelayanan Terpadu sebagai usaha untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik juga cukup bagus, misalnya dengan ditetapkannya standar minimal pelayanan untuk menjaga kualitas pelayanan yang diberikan, penyediaan sarana dan prasarana yang memadai, serta pembinaan sumber daya manusia. Sedangkan kualitas pelayanan publik yang diberikan secara sudah cukup baik, walaupun masih ada kendala dalam pelaksanaan pelayanannya. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan kualitas pelayanan publik melalui model pelayanan satu pintu yang dilaksanakan oleh Kantor Pelayanan Terpadu Kota Blitar sudah cukup baik, meskipun ada kendala tetapi hal itu masih bisa di atasi oleh pegawai Kantor Pelayanan Terpadu.