Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen (Studi Kasus di UKM Keripik Apel UD Ramayana Agro Mandiri Batu)

Main Author: Putri, Dio Gizky
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/11361/
Daftar Isi:
  • Indonesia merupakan negara agraris yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani, salah satu komoditas yang dihasilkan yaitu tanaman apel Banyaknya pesaing keripik apel di kota Batu menyebabkan perlunya mengetahui cara untuk memasarkan dengan baik agar produk yang mereka produksi lebih banyak dikenal oleh masyarakat luas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menentukan indikator yang paling berpengaruh terhadap bauran pemasaran, keputusan pembelian dan kepuasan konsumen, mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian dan pengaruh keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen keripik apel UD Ramayana Agro Mandiri. Pada usaha ini maka dilakukan penelitian dengan menggunakan analisis unsur-unsur dalam bauran pemasaran 4P yaitu produk, harga, lokasi dan promosi dengan menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Jenis pengumpulan data yaitu dengan menggunakan kuesioner dengan 95 responden yang memiliki karakteristik umur 20-55 tahun dan pernah mengkonsumsi keripik apel UD. Ramayana minimal 2 kali dalam satu bulan terakhir. Hasil yang di harapkan dalam penelitian ini yaitu dapat di ketahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen, sehingga dapat digunakan sebagai dasar dalam penetapan strategi pemasaran yang tepat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel produk, harga, lokasi dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel keputusan pembelian juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Variabel yang paling berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen adalah variabel lokasi karena lokasi UD. Ramayana dianggap mudah dijangkau baik menggunakan angkutan umum ataupun pribadi. Lokasi pembelian keripik apel UD. Ramayana mudah di cari oleh konsumen.