Pengaruh Bauran Promosi terhadap Penjualan Studi Kasus pada PT. Pasha Tour & Travel Kediri
Main Author: | NinikErnawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/113602/1/050801659.pdf http://repository.ub.ac.id/113602/ |
Daftar Isi:
- Pemasaran memegang peranan penting dalam kegiatan operasional perusahaan. Kegiatan pemasaran yang sering dilakukan oleh perusahaan adalah melalui kegiatan promosi. Promosi merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk menginformasikan produk kepada konsumen. Melalui kegiatan promosi diharapakan perusahaan dapat mencapi tujuan yang ditetapkan yaitu peningkatan volume penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT. Pasha Tour & Travel serta menganalisis pengaruh antara variabel iklan, penjualan personal, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung terhadap variabel volume penjualan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatory . Variable-variabel yang dianalisis adalah Biaya Iklan (X 1 ), Biaya Penjualan Personal (X 2 ), Biaya Promosi Penjualan (X 3 ), Biaya Hubungan Masyarakat (X 4 ), Biaya Pemasaran Langsung (X 5 ) dan Volume Penjualan (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan dokumentasi. Metode wawancara dilakukan langsung dengan director sales of marketing PT. Pasha Tour & Travel Kediri. Untuk metode dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data-data tentang biaya promosi dan volume penjualan selama tiga tahun (2005-2007). Intsrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara dan dokumentasi. Tekhik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda dan uji signifikansi dengan alpha 0,05 (5%). Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, diketahui bahwa kelima variabel bebas yaitu Iklan (X 1 ), Penjualan Personal (X 2 ), Promosi Penjualan (X 3 ), Hubungan Masyarakat (X4) dan Pemasaran Langsung (X 5 ) secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Volume Penjualan (Y). Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 14.830 dengan probabilitas F hitung sebesar 0,000 (p<0,05). Besarnya sumbangan atau Kontribusi Variabel Iklan (X 1 ), Penjualan Personal (X 2 ), Promosi Penjualan (X 3 ), Hubungan Masyarakat (X 4 ) dan Pemasaran Langsung (X 5 ) dapat dilihat dari besarnya nilai Ajusted R 2 yaitu sebesar 0,664. Hal ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel Xi yaitu Variabel Iklan (X 1 ), Penjualan Personal (X 2 ), Promosi Penjualan (X 3 ), Hubungan Masyarakat (X 4 ) dan Pemasaran Langsung (X 5 ) mempengaruhi volume penjualan (Y) sebesar 64,4% dan sisanya sebesar 33,6% dipengaruhi oleh variabel-variabel diluar variabel yang diteliti. Sedangkan berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa Iklan (X 1 ), Penjualan Personal (X 2 ), Promosi Penjualan (X 3 ), Hubungan Masyarakat (X 4 ) dan Pemasaran Langsung (X 5 ) secara terpisah (parsial) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Volume Penjualan (Y). Perhitungan secara parsial untuk Variabel Iklan (X 1 ) mempunyai nilai koefisien regresi (bi) sebesar 5.109 dengan nilai t hitung sebesar 2.181 dan probabilitas sebesar 0,000 (p<0,05). Variabel Penjualan Personal (X 2 ) mempunyai nilai koefisien regresi (bi) sebesar 17.334 dengan nilai t hitung sebesar 3.199 dan probabilitas sebesar 0,000 (p<0,05). Variabel Promosi Penjualan (X 3 ) mempunyai nilai koefisien regresi (bi) sebesar 59.283 dengan nilai t hitung sebesar 2.958 dan probabilitas sebesar 0,000 (p<0,05). Variabel Hubungan Masyarakat (X 4 ) mempunyai nilai koefisien regresi (bi) sebesar 47.379 dengan nilai t hitung sebesar 2.144 dan probabilitas sebesar 0,001 (p<0,05). Variabel Pemasaran Langsung (X 5 ) mempunyai nilai koefisien regresi (bi) sebesar 97.310 dengan nilai t hitung sebesar 2.328 dan probabilitas sebesar 0,001 (p<0,05). Dari hasil analisis parsial dapat diketahui pula bahwa variabel p