Pengaruh Persepsi Nasabah Mengenai Layanan Mobile Banking terhadap Keputusan Penggunaan Survai pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Menggunakan Layanan Mobile Banking BCA

Main Author: RanitaSandraDewi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/113588/1/050801629.pdf
http://repository.ub.ac.id/113588/
Daftar Isi:
  • Tujuan akhir dalam kegiatan pemasaran adalah konsumen, oleh sebab itu segala keputusan yang diambil oleh sebuah perusahaan harus didasarkan pada kebutuhan dan keinginan konsumen. Saat ini sejumlah bank besar mulai berlomba-lomba untuk menawarkan layanan-layanan ataupun produk-produk baru yang memberikan kemudahan-kemudahan bagi nasabahnya. Hal ini dilakukan dalam rangka pengembangan strategi bisnis untuk menarik, mendapatkan dan mempertahankan nasabah serta menciptakan suatu loyalitas nasabah yang merupakan tujuan akhir dari suatu bisnis perbankan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1)Bagaimana pengaruh secara simultan variabel dalam konsep persepsi terhadap keputusan penggunaan layanan mobile banking ?, 2)Bagaimana pengaruh secara parsial variabel dalam konsep persepsi terhadap keputusan penggunaan layanan mobile banking ?, 3)Variabel mana yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan penggunaan layanan mobile banking ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh secara simultan antara variabel dalam konsep persepsi terhadap keputusan penggunaan layanan mobile banking , untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh secara parsial variabel dalam konsep persepsi terhadap keputusan penggunaan layanan mobile banking , serta untuk mengetahui variabel yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan penggunaan layanan mobile banking . Jenis penelitian yang digunakan adalah Explanatory Research dengan tiga variabel bebas yaitu perhatian (X 1 ), pemahaman (X 2 ), ingatan (X 3 ) serta variabel terikat yaitu keputusan penggunaan (Y). Penelitian dilakukan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang dengan sampel sebanyak 43 orang Mahasiswa/Mahasiswi. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena jumlah populasi di bawah 100 sehingga keseluruhan populasi dijadikan sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda dan analisis regresi parsial. Hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan hasil bahwa variabel bebas yang terdiri dari perhatian (X 1 ), pemahaman (X 2 ), dan ingatan (X 3 ) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel keputusan penggunaan (Y), dengan nilai R 2 sebesar 0,612. Variabel perhatian (X 1 ) mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan penggunaan (Y), hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien beta terbesar yaitu sebesar 0,447.