Kinerja Aparatur Pemerintah Desa dalam meningkatkan pelayanan administrasi kepada masyarakat studi pada Kantor Desa Winongan Lor Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan
Main Author: | AgusSetiawan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/113533/1/050801213.pdf http://repository.ub.ac.id/113533/ |
Daftar Isi:
- Dalam perkembangan jaman yang sudah semakin maju. Sumber daya manusia sangat penting sekali kaitannya menuju era globalisasi yang sekarang ini sudah semakin maju. Nah dalam kaitannya dengan organisasi pemerintah dalam hal ini birokrasi yang mana kinerjanya dapat dipandang sebagai public service yang tentunya harus dituntut supaya dapat memberikan pelayanan yang memuaskan/optimal. Dan tentunya itu mudah karena masyarakat sekarang ini sudah semakin kritis menyuarakan tuntutan untuk mendapatkan pelayanan yang optimal. Peranan manusia dan organisasi ditentukan oleh karena hidup matinya organisasi semata-mata tergantung manusia. Pelayanan adalah serangkaian kegiatan karena itu ia merupakan proses, sebagai proses pelayanan berlangsung secara rutin dan berkesinambungan meliputi seluruh kehidupan orang dan masyarakat. Hubungan antara kepentingan masyarakat dan pelayanan masyarakat tidak lain terletak pada maksud dan tujuan pelayanan administrasi yang diberikan aparatur pemerintah yang bekerja berdasarkan tugas dan wewenang serta kewajiban organisasi pemerintah yang telah diatur dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja aparatur pemerintah desa dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang faktor-faktor yang mendukung kinerja aparat dalam menyelenggarakan pelayanan administrasi kepada masyarakat, untuk mendeskripsikan kinerja aparat desa dalam menjalankan tugas dan fungsinya memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat, untuk mendeskripsikan efektivitas pelaksanaan kegiatan pelayanan administrasi kepada masyarakat dalam penelitian ini. Teknisk pengumpulan data, baik data primer maupun sekunder digunakan teknik-teknik interview, observasi dan dokumentasi. Dari hasil paparan diatas dapat disimpulkan bahwa organisasi merupakan kumpulan orang-orang yang saling berinteraksi satu dengan yang lainnya dalam rangka mencapai tujuan dan cita-cita bersama. Dalam hal ini birokrasi yang memperlancar sebagai public service. Adapun tujuannya yaitu meningkatkan kesejahteraan rakyat, memlihara jalannya roda pemerintahan dan mengindahkan unsur perlindungan, bimbingan, pemberian dan pelayanan dari pemerintah dengan adanya perlembagaan masyarakat dewasa ini. Seiring dengan kemajuan di berbagai segi kehidupan manusia nampak terdapat tuntutan kepentingan lain yang senantiasa meningkat dari waktu ke waktu sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang beranekaragam, karena adanya kecepatan, ketepatan, hemat biaya, keterbukaan dan peran masyarakat itu sendiri.