Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Survai pada Pelanggan Kartu Telepon Selular Prabayar Simpati di Perumahan Wisma Sarinadi RT 22/RW V Sidoarjo
Main Author: | KethyHariyadiPutri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/113516/1/050800431.pdf http://repository.ub.ac.id/113516/ |
Daftar Isi:
- Dalam memenangkan persaingan pasar, perusahaan memerlukan strategi pemasaran. Biasanya strategi pemasaran diarahkan untuk meningkatkan frekuensi perilaku konsumen, seperti pembelian produk tertentu. Studi mengenai perilaku konsumen akan menjadi dasar yang penting dalam manajemen pemasaran. Hasil studi tersebut akan membantu pemasar, salah satunya untuk merancang dan mengembangkan bauran pemasaran yang diarahkan pada pasar sasaran yang dipilih. Memahami konsumen adalah elemen penting dalam pengembangan strategi bauran pemasaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap 63 orang responden yang merupakan pelanggan kartu telepon selular prabayar Simpati di Perumahan Wisma Sarinadi RT 22/RW V Sidoarjo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Penelitian ini menggunakan tiga analisis data yaitu analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, dan analisis regresi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara variabel-variabel bauran pemasaran jasa yang terdiri dari, variabel produk (X1), variabel harga (X2), variabel promosi (X3), variabel tempat (X4), variabel orang (X5), variabel proses (X6), dan variabel layanan pelanggan (X7) terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai F hitung sebesar 26,995, signifikansi 0,000 serta nilai Adjusted R Square sebesar 0,746. Dalam analisis regresi parsial, variabel produk (X1) variabel harga (X2), variabel promosi (X3), variabel tempat (X4), variabel orang (X5), variabel proses (X6), dan variabel layanan pelanggan (X7) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian adalah variabel promosi, dengan t hitung sebesar 4,478 dengan probabilitas sebesar 0,000. Olah karena itu, Telkomsel hendaknya lebih mengoptimalkan strategi bauran pemasaran jasa, terutama dalam meningkatkan promosi dengan berbagai media.