Strategi Pemerintah Desa dalam meningkatkan Pelayanan Publik. studi pada Kantor Desa Dadaprejo Kecamatan Junrejo Kota Batu
Main Author: | MuhammadSadatHamzah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/113465/1/050800048.pdf http://repository.ub.ac.id/113465/ |
Daftar Isi:
- Terbatasnya kemampuan aspek manajerial, tekhnis dan administratif aparat pemerintah Desa untuk mengimbangi cepatnya pertumbuhan dan perubahan akan tuntutan pelayanan dan laju pembangunan sering diakibatkan karena kekurangmampuan aparat untuk mengadaptasikan diri dengan berbagainya perkembangan teknologi, bekerja secara efisien, menciptakan kondisi kerja yang kompetitif, menggerakkan partisipasi masyarakat , dan menciptakan situasi yang kondusif untuk merangsang partisipasi swasta dalam penyediaan pelayanan kepada masyarakat yang tidak mampu dipenuhi oleh pemerintah.sebagai pelaksana di lapangan yang langsung berhubungan dengan masyarakat tentu aparat pemerintah desa memerlukan keahlian dan spesialisasi serta keterampilan yang memadai.apalagi bila dikaitkan dengan komitmen Pemerintah Desa untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Oleh karena itu diperlukan adanya upaya mewujudkan pemerintah Desa yang profesional dan menguasai bidang tugasnya. Kesemuanya ini diproyeksikan kepada terlaksananya pelayanan masyarakat yang semakin baik lancarnya roda pembangunan dan semakin intensif efektifnya pembinaan masyarakat sebagai aset pembangunan nasional sehingga tidak akan menjadi beban atau menimbulkan masalah dalam pelaksanaan pembangunan nasional pada saat ini dan yang akan datang. Berdasarkan kendala tersebut maka untuk menyelenggarakan pemerintahan desa yang mengarah kepada ketentuan yang telah ditetapkan oleh Peraturan Pemerintah nomor 72 tahun 2005 tentang pemerintahan desa maka sangat diperlukan peningkatan kualitas pelayanan kepada publik dalam pembangunan, kemasyarakatan serta penyelenggaraan pemerintahan. Dengan semakin meningkatnya penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan maka diupayakan bagi aparat pelaksana di tingkat pemerintah desa agar mampu memahami, mengkaji dan menelaah serta menyelesaikan setiap permasalahan yang timbul di lapangan secara baik dan lancar Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif ini dilakukan dikantor Desa Dadaprejo. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan kepala desa serta perangkatnya dan staf kantor Desa Dadaprejo, dan sumber data sekunder yang berupa arsip atau dokumen yang dimiliki oleh kantor Desa Dadaprejo. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan melaksanakan interview, observasi non partisipatif dan dokumentasi. Analisa data dengan cara reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan