Faktor-Faktor Internal yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen survei pada konsumen Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Malang
Main Author: | NurhadiSiswanto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/113395/1/050700732.pdf http://repository.ub.ac.id/113395/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah pengaruh secara bersama-sama dan secara parsial antara konsep faktor-faktor internal yang terdiri dari variabel motivasi, persepsi, belajar, gaya hidup, dan sikap terhadap struktur keputusan pembelian pada konsumen RM. Ayam Bakar Wong Solo Cabang Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan menggunakan kuesner sebagai alat pengumpul data dan mengambil sampel responden sebanyak 99 orang yang merupakan konsumen RM. Ayam Bakar Wong Solo Cabang Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah systematic random sampling . Berbekal pada teorisasi tentang perilaku konsumen, selanjutnya diturunkan dua buah konsep yaitu konsep faktor-faktor internal yang terdiri dari lima variabel bebas yaitu variabel motivasi, persepsi, belajar, gaya hidup, serta sikap dan konsep kedua adalah konsep keputusan pembelian yang terdiri dari satu variabel yaitu variabel struktur keputusan pembelian yang merupakan variabel terikat. Selanjutnya diuji hipotesis bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama dan secara parsial antara variabel motivasi, persepsi, belajar, gaya hidup, dan sikap terhadap variabel struktur keputusan pembelian. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan regresi linear berganda dapat diketahui bahwa variabel motivasi, persepsi, belajar, gaya hidup, dan sikap mampu menjelaskan struktur keputusan pembelian secara bersama-sama. Hal ini ditunjukkan oleh angka korelasi berganda (R) sebesar 0,696 dan nilai koefisien determinasi (R 2) sebesar 0,485 atau 48,5 %, yang menunjukkan bahwa variabel-variabel faktor internal dalam penelitian ini mempengaruhi struktur keputusan pembelian sebesar 48,5% dan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Dalam penelitian ini ditemukan pula bahwa diantara variabel bebas yang mempunyai pengaruh dominan adalah variabel gaya hidup yang ditunjukkan t-hitung sebesar 4,647. Temuan dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa kajian tentang faktor-faktor internal dan keputusan pembelian konsumen pada RM. Ayam Bakar Wong Solo Cabang Malang sesuai dengan dasar-dasar teoritis. Atas temuan yang dicapai disarankan kepada pihak RM. Ayam Bakar Wong Solo Cabang Malang untuk tetap memperhatikan faktor-faktor internal yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian agar konsumen tetap berkeinginan untuk membeli, serta menggali secara terperinci faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.