Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Dan kepuasan Konsumen Produk Roti (Studi Kasus Di Food Processing and Training Center FPTC THP UB Malang)
Main Author: | Faujah, Lutfianis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/11339/ |
Daftar Isi:
- Saat ini perkembangan industri roti di kota Malang mengalami kemajuan yang pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya usaha dibidang kuliner khususnya produk roti yang cukup diminati oleh masyarakat. Roti adalah salah satu jenis roti yang terbuat dari adonan manis yang di fermentasi serta mengandung 10% gula atau lebih. Bahan utama dari roti manis adalah tepung terigu, air, ragi roti dan garam. FPTC THP UB merupakan pusat produksi pangan dan pelatihan yang terdiri unit produksi bakery pangan fungsional produk. FPTC THP UB memiliki volume produksi sebesar 160 produk per hari. Namun FPTC THP UB memiliki permasalahan pada kapasitas produksi yang fluktuatif karena banyaknya pesaing baru. Selain itu, penjualan tidak stabil disebabkan tingkat daya beli masyarakat menurun. Penerapan pemasaran dapat memberikan umpan balik bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan memaksimumkan keuntungan. Tujuan penelitian ini menentukan pengaruh bauran pemasaran keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen dan pengaruh yang dominan terhadap kepuasan konsumen. Salah satu metode yang digunakan adalah metode PLS (Partial Least Square), bauran pemasaran (X) sebagai variabel eksogen, serta keputusan pembelian (Y1) dan kepuasan konsumen (Y2) sebagai variabel endogen. Responden yang digunakan adalah 96 mahasiswa FTP Universitas Brawijaya. Pada penelitian ini diperoleh model persamaan struktural yaitu Y1 = 0.093 X1 + 1.777 X2+ 1 982 X3 + 2.776 X4 + 0.748 X5 + 0.272 X6 + 2.470 X7 + ς1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga, tempat, promosi, dan bukti fisik berpengaruh signifikan. Sedangkan produk, orang dan proses tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan harga, promosi, tempat, dan bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Keputusan pembelian berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, karena memiliki harga yang terjangkau, nyaman dan tempatnya bersih.