Peranan Kebijakan Harga Terhadap Volume Penjualan studi Kasus Pada PT Kusuma Satria Dinasasri Wisata Jaya Batu, Malang
Main Author: | VauliaMangiwa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/113382/1/050700730.pdf http://repository.ub.ac.id/113382/ |
Daftar Isi:
- Tingkat persaingan yang makin tinggi dalam dunia bisnis, menuntut perusahaan untuk menetapkan kebijakan yang akan menguntungkan bagi perusahaan. Salah satu kebijakan yang perlu mendapat perhatian khusus dari pihak perusahaan adalah kebijakan mengenai harga. Kebijakan penetapan harga merupakan kebijakan perusahaan mengenai harga yang dibuat secara fleksibel sehingga dapat menyesuaikan dengan kebijakan-kebijakan perusahaan dalam kegiatannya di masa mendatang dengan tetap memberikan keuntungan bagi perusahaan, memberikan kepuasan bagi konsumen dan tetap mampu bersaing. Dengan demikian diharapkan penetapan harga tersebut dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. Harga (price) memiliki peranan yang sangat besar agar produk dapat sampai pada konsumen, oleh karena itu perusahaann harus menentukan harga secara bijak agar produk tersebut mendapat respon yang baik oleh konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar peranan kebijakan harga terhadap volume penjualan sayuran hidroponik pada PT Kusuma Agrowisata. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif, yakni penelitian yang memaparkan fenomena-fenomena yang terjadi dan memberikan gambaran secara sistematis serta akurat mengenai fakta-fakta yang akan diteliti. Penerapan kebijakan harga pada PT Kusuma Agrowisata dalam penelitian ini dianalisis dengan memakai metode deskriptif dan metode rata-rata pertumbuhan. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kebijakan harga yang diterapkan oleh PT Kusuma Agrowisata telah efektif. Pada analisis deskriptif terlihat pertumbuhan yang sangat baik pada tahun 2004 karena adanya penerapan potongan dagang dan penghargaan barang kepada para konsumen serta adanya ekspansi yang dilakukan perusahaan ke daerah Bali dan Kalimantan. Dengan demikian, PT Kusuma Agrowisata hendaknya terus melaksanakan berbagai kebijakan harga yang tepat yang akan berdampak positif terhadap peningkatkan volume penjualan mereka. Karena perubahan harga akan membawa pengaruh kepada para konsumen.