Manajemen Strategi Bauran Pemasaran untuk jasa studi kasus pada AJB Bumiputera Kantor Wilayah Malang

Main Author: YulianaSetiyaningsih
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/113303/1/050702991.pdf
http://repository.ub.ac.id/113303/
Daftar Isi:
  • Perkembangan bisnis dibidang jasa asuransi menyebabkan para pelaku yang terlibat dalam bisnis ini terus berupaya menemukan suatu cara atau rangkaian kegiatan yang mendukung proses pemasaran yang tepat dalam hal ini penjualan jasa yang dihasilkan itu sendiri. Penelitian ini dilakukan di AJB Bumiputera yang ditujukan untuk menjelaskan bagaimana merumuskan strategi bauran pemasaran untuk jasa. Dengan mengetahui lingkungan yang mempengaruhi proses penetapan strategi yang dilakukan AJB Bumiputera dapat diketahui jenis Strategi yang tepat bagi AJB Bumiputera. Jenis penelitian ini adalah termasuk penelitian deskriptif yang hanya menggambarkan, menjelaskan fenomena yang diteliti berdasarkan realita kemudian dari penjelasan tersebut diperoleh kesimpulan untuk menjawab masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan berisikan sumber data yang terdiri dari data primer dan data sekunder, metode pengumpulan data yang terdiri dari wawancara, kuesioner dan dokumentasi serta instrumen penelitian yang terdiri dari pedoman wawancara, pedoman kuesioner dan pedoman dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif yang terdiri dari analisis lingkungan eksternal, lingkungan internal dan Metriks SWOT, dan analisis kuantitatif yang terdiri dari Matriks External Factor Evaluation (EFE), Matriks Internal Factor Evaluation (IFE), Matriks Strategic Position and Action Evaluation (SPACE) dan Matriks Quantitative Strategic Planning (QSP). Berdasarkan hasil pengukuran yang dilakukan terhadap lingkungan eksternal dan lingkungan intenal diketahui bahwa AJB Bumiputera telah mempunyai strategi yang baik untuk mengantisipasi pengaruh dari luar dan memiliki sumber daya internal yang dapat diandalkan untuk menjawab perkembangan bisnis yang terus berubah. Penentuan strategi generik melalui Matriks SPACE, diketahui bahwa strategi yang digunakan AJB Bumiputera adalah strategi agresif yang terdiri dari strategi pertumbuhan integratif, strategi pertumbuhan intensif dan strategi difersifikasi. Sedangkan untuk strategi utama diukur berdasarkan hasil penentuan strategi melalui Matriks QSP diketahui bahwa strategi intensif adalah strategi yang paling tepat untuk digunakan oleh AJB Bumiputera.