Peranan kepemimpinan dalam meningkatkan semangat kerja pegawai : studi pada Kantor Informasi dan Komunikasi di Kabupaten Tuban

Main Author: RofiqSururi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/113287/1/050702517.pdf
http://repository.ub.ac.id/113287/
Daftar Isi:
  • Kantor Informasi dan Komunikasi Kabupaten Tuban sebagai instansi pemerintah mempunyai tugas untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat umum, maka peranan kepemimpinan sangat diperlukan untuk memberikan semangat kerja bawahannya agar nanti dalam bekerja disiplin, jujur, tepat waktu dan penuh tanggungjawab. Permasalahannya adalah kurang semangat pegawai dalam bekerja sehingga kinerja menurun seperti sarana dan prasarana kurang mendukung dan pegawai kurang menguasai dalam penggunaannya. Rumusan masalahnya bagaimana peranan kepemimpinan dalam meningkatkan semangat kerja bagi pegawai dan faktor apa yang dapat meningkatkan semangat kerja pegawai di Kantor Informasi dan Komunikasi Kabupaten Tuban. Dengan tujuan untuk mengetahui peranan kepemimpinan dan faktor-faktornya dalam meningkatkan semangat kerja pegawai. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif dan yang menjadi fokus penelitian adalah peranan kepemimpinan dalam meningkatkan semangat kerja pegawai dan faktor-faktor untuk meningkatkan semangat kerja pegawai dengan lokasi penelitian di Kantor Informasi dan Komunikasi Kabupaten Tuban. Pembahasan terdiri dari gambaran umum, penyajian data fokus penelitian dan analisis data. Hasil dari pada penelitian ini peranan kepemimpinan sangat efektif dalam memberikan dorongan yang tinggi untuk memberi semangat pada pegawai (bawahan) dalam meningkatkan kinerjanya, ini dapat diketahui bahwa pemimpin mampu dan dapat memberikan suri tauladan atau contoh yang terbaik pada bawahan, sehingga apa yang pegawai kerjakan itu dapat dengan mudah terselesaikan dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan dan tidak bertentangan dengan Tugas Pokok dan Fungsi (TUPOKSI) Kantor Informasi dan Komunikasi. Pemimpin selalu melibatkan bawahan dalam segala kegiatan, bekerja sama dan saling berkoordinasi baik itu antara pimpinan dengan bawahan secara langsung ataupun melalui para seksinya begitu juga dengan staf (pegawai) yang satu dengan staf (pegawai) yang lain. Dan pemimpin memberikan penghargaan pada pegawai yang berprestasi untuk memberikan dorongan dan motivasi dalam menciptakan gairah kerja yang ada pada diri pegawai guna untuk meningkatkan kinerja dalam memberikan kebebasan untuk lebih maju dan berprestasi. Untuk itu pimpinan memberikan kenyamanan, sarana dan prasarana, imbalan yang sepadan dan kepuasan pada diri pegawai serta bermanfaat baik itu untuk dirinya sendiri, organisasi dan masyarakatnya karena semua itu dapat memberikan rangsangan agar gairah kerja dapat meningkat. Dan untuk dapat meningkatkan semangat kerja pegawai, maka pemimpin harus dapat memberikan reward selain materi (gaji atau upah) yaitu dalam bentuk insentif yang merupakan tunjangan-tujangan yang dapat memberikan kepuasan sebagai biaya tambahan bagi pegawai. Insentif ini dapat berupa tunjangan anak, tunjangan istri, tunjangan hari tua dan tunjangan hari raya. Semua hal tersebut dapat memberikan dorongan dan dukungan untuk dapat meningkatkan kinerja pegawai. Untuk itu seorang pemimpin dalam meningkatkan semangat kerja pegawai harus dapat menciptakan suasana yang harmonis, memberi kepuasan, bermanfaat dan memberikan ketenangan pada pegawainya. Oleh karena itu sudah selayaknya pemimpin memberikan semangat bagi pegawai (bawahan) untuk meningkatkan kinerjanya sebab sudah merupakan kewajiban dan tanggungjawabnya untuk dapat melaksanakan pekerjaan dengan sebaik-baiknya dan akhirnya tujuan dari pada organisasi pemerintah yaitu Kantor Informasi dan Komunikasi Kabupaten Tuban dapat tercapai.