Implementasi Sistem Komputerisasi dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik studi mekanisme pelayanan KTP di Kantor Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung
Main Author: | NurAhmadBadri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/113212/1/050701627.pdf http://repository.ub.ac.id/113212/ |
Daftar Isi:
- Pelayanan publik berperan penting dalam penyelenggaraan pemerintahan karena menyangkut kepentingan masyarakat luas. Dengan adanya otonomi daerah, pemerintah daerah diharapakan dapat memberikan pelayanan publik yang baik sehingga dapat terwujud tatanan pemerintahan yang baik (Good goverment) dan pemerintahan yang bersih (clean goverment). Diantaranya tendapat pelayanan bidang Kependudukan dan Catatan Sipil yaitu pelayanan KTP. Tetapi dalam pelaksanaannya terdapat banyak kendala dalam menyelenggarakan pelayanan KTP yang baik. Dalam mewujudkan tujuan tersebut, kantor kecamatan Kalidawir telah melaksanakan sistem komputerisasi pelayanan KTP yang acuan dasarnya pada kebijakan pemerintah tahun 2003 tentang pengadaan KTP model Simduk dan Perda Kabupaten Tulungagung nomor 5 tahun 2003 tentang retribusi penggantian biaya KTP dan akta sipil. Maka penelitian ini memiliki tujuan yaitu : - Untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi sistem komputerisasi di kantor Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan KTP. a. Kondisi Objektif SDM Pegawai b. Kondisi Objektif komputer c. Kondisi Objektif masyarakat- Untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi sistem komputerisasi di kantor kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung dalam rangka meningkatkan kualitas KTP Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif, dengan situs penelitian di kantor kecamatan Kalidawir kabupaten Tulungagung dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi dengna analisis data kualitatif. Dalam implementasinya kantor kecamatan Kalidawir telah menggunakan peralatan sesuai dengan prosedur yang ada yaitu untuk menyelenggarakan pelayanan KTP dengna didukung oleh SDM pegawai yang sudah dapat mengoperasionalkan teknlogi dengan baik dan juga kondisi masyarakat sudah dapat menerima sistem komputerisasi pelayanan KTP dengan mudah. Sistem pelayanan baru dirasaksan telah membawa perubahan yang lebih baik jika dibandingkan dengan pelayanan yang lama. Berdasarkan ketiga faktor tersebut dapat dikatakan bahwa kantor kecamatan Kalidawir kabupaten Tulungagung telah mengimplementasikan kebijakan sistem komputerisasi pelayanan KTP dengan baik meskipun demikian masih terdapat beberapa kendala yang perlu untuk diperhatikan dan dicarikan alternatif solusi yang tepat sehingga kendala tersebut tidak dapat menjadi hambatan dalam implementasi sistem komputerisasi pelayanan KTP dimasa yang akan datang.