Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Jombang Kepada Masyarakat

Main Author: YuanesKristanto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/113173/1/050700153.pdf
http://repository.ub.ac.id/113173/
Daftar Isi:
  • Tujuan Pembangunan Nasional Bangsa Indonesia dititik beratkan pada pembangunan di sektor perekonomian negara seiring dengan adanya berbagai upaya dalam peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia yang saling terkait dengan pembangunan di bidang lainnya. Sebagaimana ditegaskan dalam pasal 33 UUD 1945 ayat 2 dan 3 yang dalam pelaksanaannya diwujudkan dengan mendirikan suatu perusahaan yang mempunyai tugas menangani dan mendistribusikan air yang tersedia semaksimal mungkin. Perusahaan yang dibentuk dan didirikan oleh pemerintah tersebut adalah PDAM, dimana pengelolaannya menjadi tanggung jawab dari otonomi daerah yang bersangkutan. Dalam hal ini adalah pemerintah daerah kabupaten Jombang. Salah satu sumber alam yang penting bagi kehidupan manusia adalah air. Air merupakan salah satu kebutuhan terbesar bagi kehidupan manusia dan fungsinya tidak akan dapat tergantikan oleh senyawa lainnya. Kebutuhan akan air selalu meningkat seiring dengan perkembangan jumlah penduduk. Oleh karena itu, PDAM Kabupaten Jombang selalu dituntut untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, disamping untuk mencari keuntungan untuk menutupi kebutuhannya. Banyaknya keluhan dari masyarakat mengenai pelayanan yang diberikan PDAM menunjukkan bahwa kualitas yang diberikan masih perlu diperhatikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan oleh PDAM Kabupaten Jombang dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat serta untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dari pelayanan yang diberikan oleh PDAM Kabupaten Jombang Adapun jenis penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan deskriptif karena dalam penelitian ini akan dideskripsikan upaya-upaya PDAM Kabupaten Jombang dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat. Fokus dari penelitian ini adalah upaya PDAM dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan faktor pendukung dan penghambat dari pelayanan yang diberikan oleh PDAM Kabupaten Jombang . Sumber data yang dihasilkan adalah dari direktur, pegawai serta pelanggan PDAM Kabupaten Jombang yang dilakukan dengan wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PDAM Kabupaten Jombang dalam usaha meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat meliputi pelayanan dalam hal kemudahan membayar rekening, kemudahan dalam prosedur dan persyaratan pemasangan sambungan baru serta adanya ketanggapan dalam menanggapi keluhan dan pengaduan pelanggan. Selain itu didukung pula dengan adanya peningkatan dalam bidang SDM dan menambah serta memperbaiki sarana dan prasarana.