Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di Bank survei pada Nasabah Tabungan Mudharabah PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Surabaya

Main Author: MarliaUlfa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/113158/1/050700214.pdf
http://repository.ub.ac.id/113158/
Daftar Isi:
  • Promosi adalah salah satu kegiatan pemasaran yang berperan penting bagi keberhasilan suatu perusahaan. Karena melalui promosi perusahaan dapat memperkenalkan, membujuk dan mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian terhadap produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan dan pengaruh variabel periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat dan publisitas secara bersama-sama terhadap keputusan menabung di bank, serta untuk mengetahui variabel bauran promosi yang pengaruhnya dominan terhadap keputusan menabung di bank. Jenis penellitian yang digunakan adalah eksplanatori, dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan kepada 75 orang nasabah tabungan mudharabah PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Surabaya dengan tehnik accidental sampling melalui interview dan kuesioner. Data yang didapt kemudian dianalisis dengan analisis korelasi dan regresi. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara variabel periklanan, penjualan pribadi promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas terhadap keputusan nasabah menabung di bank. Dan variabel promosi penjualan merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan menabung di bank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bauran promosi yaitu periklanan (X1), penjualan pribadi (X2), promosi penjualan (X3), dan hubungan masyarakat dan publisitas (X4) secara bersama-sama memiliki hubungan dan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah menabung di bank dengan koefisien korelasi sebesar 0,889 dan nilai F hitung sebesar 65,708 dengan tingkat signifikansi 0,000. Selain itu juga diperoleh koefisien determinasi sebesar 77,8 % yang artinya variabel-variabel bauran promosi tersebut memberikan kontribusi terhadap keputusan nasabah menabung di bank sebesar 77,8 % sedangkan sisanya merupakan kontribusi dari variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Untuk pengujian secara parsial didapatkan bahwa variabel promosi penjualan merupakan variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan nasabah menabung di bank, dengan t hitung sebesar 6,264. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa ternyata bauran promosi sangat berpengaruh terhadap keputusan nasabah menabung di bank. Oleh karena itu Bank Syariah Mandiri perlu meningkatkan kegiatan promosinya dengan membaurkan dan mengkombinasikan keseluruhan elemen-elemen dari bauran promosi secara tepat agar kegiatan promosi yng akan dilaksanakan akan berjalan secara efektif dan efisien.