Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan (Customer Relationship Management) terhadap Kepuasan Nasabah studi pada Nasabah Bank Perkreditan Rakyat Syariah Bumi Rinjani Batu
Main Author: | RizkaRadhaTianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2006
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/113102/1/050602416.pdf http://repository.ub.ac.id/113102/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh baik secara bersama-sama maupun parsial antara Manajemen Hubungan Pelanggan (Customer Relationship Management) terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah yang diukur dari elemen-elemen Manajemen Hubungan Pelanggan (Customer Relationship Management) , yaitu Identifikasi, Diferensiasi, Interaksi, dan Customize . Diharapkan dari informasi yang diperoleh dapat digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan Manajemen Hubungan Pelanggan (Customer Relationship Management) dalam mewujudkan Kepuasan Nasabahnya sehingga dapat menjaring lebih banyak nasabah yang melakukan pembelian produk. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian penjelasan ( explanatory research ), dengan menggunakan data primer dan sekunder. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Perkreditan Rakyat Syariah Bumi Rinjani Batu yang tercatat sebagai nasabah sejak tahun 2005, yaitu sebanyak 1818 orang, kemudian diambil sampel sebanyak 95 orang nasabah. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dan regresi parsial. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa variabel-variabel Manajemen Hubungan Pelanggan (Customer Relationship Management) mempunyai pengaruh positif dan signifikan baik secara simultan maupun secara parsial terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah. Variabel Identifikasi, (X1) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh lebih besar terhadap variabel Tingkat Kepuasan Nasabah (Y1) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,259. Sedangkan variabel Diferensiasi mempunyai nilai koefisien regresi sebesar 0,159. Variabel Interaksi mempunyai nilai koefisien regresi sebesar 0,160. Variabel Customize mempunyai nilai koefisien regresi sebesar 0,158. Berdasarkan penelitian ini pula diketahui bahwa variabel keputusan Kepuasan Nasabah (Y1) dipengaruhi sebesar 52,5% oleh Manajemen Hubungan Pelanggan (Customer Relationship Management) , sedangkan sisanya sebesar 47,5% dipengaruhi oleh variabel lain.