Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nasabah dalam Pemilihan Asuransi Syariah studi pada Nasabah PT Asuransi Takaful Keluarga Malang
Main Author: | RizaASPutra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2006
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/113100/1/050602411.pdf http://repository.ub.ac.id/113100/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan asuransi pada saat ini menyebabkan semakin beragamnya jenis asuransi yang ditawarkan, salah satunya adalah asuransi syariah. Keberadaan asuransi syariah tidak terlepas dari semakin besarnya kebutuhan masyarakat terhadap lembaga keuangan syariah, perbedaan prinsip antara asuransi syariah dan asuransi konvensional merupakan salah satu penyebab berkembangnya asuransi syariah. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah dalam pemilihan asuransi syariah PT Asuransi Takaful Keluarga Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory (penjelasan) dengan pendekatan kuantitatif. Konsep penelitian ini adalah faktor-faktor perilaku konsumen yang terdiri dari variabel budaya, sosial, pribadi dan psikologis dan konsep keputusan pembelian dengan variabel keputusan pemilihan asuransi. Sampel penelitian ini adalah nasabah PT Asuransi Takaful Keluarga Malang sejumlah 34 orang dengan menggunakan metode simple random sampling . Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan wawancara. Adapun untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan analisis faktor dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil analisis faktor terdapat 21 indikator membentuk 4 faktor yaitu Gaya Hidup (X1), Sosial (X2), Persepsi (X3), dan Motivasi (X4) dengan total varian (kumulatif persentasi) sebesar 73,526%, dengan factor loading berkisar antara 0,526 sampai dengan 0,881. Dari hasil uji regresi dapat diketahui bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara variabel dependen dengan variabel independen, hal ini ditunjukkan dengan adanya tingkat signifikansi yang lebih dari 0,05 yaitu sebesar 0,433 (p>0,05) dimana nilai koefisien korelasinya sebesar 0,345 dan nilai koefisien determinasi yang disesuaikan sebesar -0,002, Hal ini menunjukkan bahwa keputusan pemilihan PT Asuransi Takaful Keluarga tidak dipengaruhi oleh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi akan tetapi adalah adanya ikatan emosional antara nasabah dengan prinsip syariah yang digunakan, nasabah memilih asuransi syariah karena adanya penggunaan prinsip syariah yaitu saling bertanggung jawab, saling bekerja sama atau saling membantu, dan saling melindungi serta karena kehalalannya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa 4 faktor yang terbentuk tidak berpengaruh terhadap keputusan pemilihan asuransi, hal ini disebabkan karena prinsip syariah yang diterapkan menjadi landasan utama nasabah dalam pemilihan asuransi syariah. Saran yang dapat diberikan adalah untuk lebih menggarap potensi pasar yang ada dengan mensosialisasikan kelebihan dari prinsip syariah, serta diimbangi dengan semakin bagusnya kualitas pelayanan.