Relationship Marketing Sebagai Suatu Usaha Untuk Mempertahankan dan Meningkatkan Pelanggan studi pada PT. Praktis Tour & Travel Malang

Main Author: NeniMuslimahSyari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/113099/1/050602410.pdf
http://repository.ub.ac.id/113099/
Daftar Isi:
  • PT. Praktis Tour & Travel Malang adalah sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang jasa transportasi, dengan lokasi usaha berada di Jl. Simpang Soekatno-Hatta kav. 1F Malang. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui dampak relationship marketing terhadap usaha untuk mengembangkan dan mempertahankan pelanggan pada PT. Praktis Tour & Travel Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskripsi kualitatif. Data yang disajikan adalah data usaha-usaha relationship marketing yang diterapkan PT. Praktis Tour & Travel Malang. Selain itu juga dilakukan analisis target dan realisasi penjualan dari tahun 2004 sampai dengan tahun 2005, guna mengetahui peningkatan jumlah penjualan dan jumlah pelanggan yang merupakan dampak dari penerapan relationship marketing . Berdasarkan analisis penerapan strategi relationship marketing yang dilaksanakan oleh PT. Praktis Tour & Travel Malang sudah cukup efektif, walaupun ada beberapa hal yang belum dilaksanakan secara maksimal dan perlu diperhatikan oleh perusahaan, yaitu masalah pelaksanaan sales call dan personal relationship perlu dilaksanakan secara serius oleh perusahaan, dengan penerapan sales call dan personal relationship pelanggan merasa diperhatikan secara personal sehingga mampu meningkatkan penjualan. Selain hal tersebut, yang perlu diperhatikan pula oleh perusahaan adalah pengadaan pelatihan bagi karyawannya untuk meningkatkan mutu pelayanan dan kinerja perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tahun ke tahun terdapat kenaikan volume penjualan dan minimnya tingkat keluhan yang disampaikan oleh pelanggan. Hal ini sangat berpengaruh untuk mengembangkan dan mempertahankan pelanggan pada PT. Praktis Tour & Travel Malang. Penerapan relationship marketing yang dilaksanakan oleh PT. Praktis Tour & Travel dirasakan cukup efektif namun belum maksimal Kesimpulan dari penelitian ini adalah perusahaan telah mampu meningkatkan penjualan dengan memberikan pelayanan yang memuaskan pelanggannya dan untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan pelanggan yang ada, perusahaan hendaknya meningkatkan lagi hubungan secara personal dengan pelangganya melalui program personal relationship yang diterapkan oleh perusahaan.