Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Dalam Menabung studi pada PT.Bank Perkreditan Rakyat Bumi Rinjani Batu
Main Author: | AhmadWibowo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2006
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/113038/1/050603458.pdf http://repository.ub.ac.id/113038/ |
Daftar Isi:
- Pokok permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap,jaminan, serta empati secara bersama-sama terhadap variabel tingkat kepuasan nasabah PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Syariah Bumi Rinjani Batu. Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian ekplanatori dengan menggunakan kuesioner sebagai pengumpul data dan mengambil responden sebanyak 93 orang yang merupakan nasabah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Syariah Bumi Rinjani Batu. Ada 2 konsep yaitu kualitas pelayanan dan konsep kepuasan nasabah dalam menabung. Dalam konsep kualitas pelayanan terdiri atas lima variabel yang merupakan variabel bebas yaitu bukti fisik, daya tanggap, jaminan, dan empati. Konsep kepuasan nasabah dalam menabung terdiri atas variabel tingkat kepuasan nasabah dalam menabung yang merupakan varibel terikat. Penelitian ini menguji hipotesis bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama dari variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap variabel Tingkat Kepuasan Nasabah dalam menabung. Teknik yang digunakan adalah simple random sampling. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan regresi linier berganda dapat diketahui bahwa variabel daya tanggap, jaminan, dan empati mampu menjelaskan Tingkat Kepuasan Nasabah secara bersama-sama. Hal ini ditunjukkan oleh angka korelasi berganda (R) sebesar 0,771 dan nilai Adjusted R Square sebesar 0,571 atau57,1%, sedangkan pengaruh secara parsial dari masing-masing variabel menunjukkan pengaruh yang signifikan. Dalam penelitian ini ditemukan pula bahwa diantara variabel bebas yang mempunyai pengaruh dominan adalah variabel keandalan. Dengan ditunjukkan dengan t hitung paling besar, regresi paling besar, korelasi parsial paling besar dan probabilitas paling kecil.. Berdasarkan penjelasan tersebut , maka sebagai saran yang dapat peneliti berikan sebagai kontribusi bagi BPR Syariah Bumi Rinjani adalah perlunya melakukan peningkatan kualitas pelayanan, setidaknya mempertahankan setiap dimensi kualitas pelayanan yang dimiliki.